Tracer dan Temu Alumni Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

image_pdfimage_print

PPs Unsyiah, Sabtu 5 November 2016,

Sebuah organisasi memerlukan perencanaan sumber daya manusia yang efektif dalam mewujudkan visi dan misinya. Begitupun halnya dengan suatu institusi Pendidikan Tinggi (PT), tanpa perencanaan yang baik, manajemen yang efektif dengan dukungan para stakeholder, maka PT tersebut tidak akan mampu mempertahankan keberadaannya, terlebih lagi mengembangkan dan memajukannya di masa yang akan datang. Untuk peningkatan mutu dan kinerja sebuah PT, tingginya kualifikasi pendidikan dosen dan kondusifnya suasana kegiatan akademik menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan.  Namun demikian, peran mahasiswa dan alumni, sebagai salah satu stakeholder, juga memegang peranan yang sangat signifikan. Para mahasiswa dan alumni harus dirangkul bersama untuk menjadi sebuah kekuatan besar dalam rangka mewujudkan sebuah visi dan misi PT. Mahasiswa dan alumni tersebut diarahkan, difasilitasi, di-ayomi sehingga rasa “sense of belonging” terhadap PT semakin hari semakin meningkat. Dalam rangka meningkatkan peranan alumni dalam pengembangan institusi, maka PPs Unsyiah melakukan Tracer dan Temu Alumni yang pada semester pertama Tahun 2016 ini kegiatannya dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 November 2016 yang dipusatkan di Hall Gedung A Lantai 1 PPs Unsyiah. Pelaksanaan Temu Alumni kali ini merupakan rangkaian kegiatan alumni yang direncanakan setiap 2 kali dalam setahun.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur PPs Unsyiah (Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc) yang mengemukakan bahwa keterbukaan dan kepekaan adalah kunci utama dari komunikasi yang efektif dalam menyelaraskan antara visi dan misi PPs Unsyiah dengan mahasiswa dan alumni. Sikap saling menghargai, mendukung, memberikan kritik membangun menjadi pilar yang harus diwujudkan dalam setiap relationship.

Hal inilah yang menjadi tujuan dari pertemuan alumni kali ini. Lebih lanjut Direktur PPs menjelaskan perkembangan Unsyiah dan PPs terkini yang pengelolaannya tetap mengedepankan motto Kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan seperti yang selalu dicanangkan oleh Rektor Unsyiah. Pertemuan alumni ini juga dihadiri oleh Asisten Direktur Bidang Akademik & Kemahasiswaan dan Asisten Direktur Bidang Kerjasama, serta Ketua Ikatan Alumni Pascasarjana Unsyiah (IAP-Unsyiah) beserta 15 perwakilan alumni PPs Unsyiah. Ketua IAP-Unsyiah (T. Iskandar Dhod, SE, MM) dalam amanatnya menyampaikan bahwa semangat pengurus IAP untuk berkontribusi dalam meningkatkan peranannya sebagai mitra PPs Unsyiah sangat tinggi dan akan dilakukan dengan berbagai aktivitas. Banyak hal yang telah dipelajari dan dimaknai untuk lebih berkontribusi terhadap pengembangan PPs Unsyiah sebagai almamaternya. Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng) di sela-sela acara mengingatkan bahwa alumni memegang peranan penting bagi kesuksesan PPs Unsyiah, tidak hanya sebagai motivator bagi mahasiswa dan pemandu bagi mahasiswa tingkat lanjut untuk dunia kerja atau studi berkelanjutan akan tetapi juga menjadi duta PPs Unsyiah di dunia kerja. Setelah mengisi kuestioner yang diunduh pada web www://pps.usnyiah.ac.id, pertemuan alumni ini selanjutnya ditutup dengan acara silahturrahmi dan foto bersama dan pertemuan berikutnya disepakati akan dilanjutkan pada bulan April 2017 mendatang (SHY, 2016).

dscn5618 dscn5722

Posted in Berita.