KRS ONLINE

Pengisian Krs Online

Klik

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Leaflet Doktor Ilmu Hukum

Klik

KALENDER AKADEMIK

Unduh Kalender Akademik

Unduh

Profil Doktor Ilmu Hukum

Profil Program Doktor

Program  Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: No. 398/E/O/2012, Tanggal 23 Nopember 2012. Program Studi Ilmu Hukum (S3) beralamat di Gedung  Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Jl. Putroe Phang No.1 Darussalam Banda Aceh, 23111 Telp. 0651-7410147. Lulusan Program Doktor Ilmu Hukum bergelar Dr (Doktor).

Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Univeristas Syiah Kuala, berdiri dikarenakan adanya surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 212/U/1999 yang menjelaskan bahwa Pendidikan Program Doktor di Perguruan Tinggi diperlukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu melalui penelitian dan  menerapkan ilmunya secara professional melalui pendekatan interdisipliner. Keunggulan dari program doktor  ilmu hukum Universitas Syiah Kuala adalah bahwa  Kajian program Doktor Ilmu Hukum Universitas Syiah Kuala adalah kajian ketatanegaraan, kajian keperdataan, dan kajian pidana yang berkosentrasi pada otonomi khusus dalam sistem pemerintahan di Indonesia dan hukum Internasional. Dengan berlakunya Undang-Undang Otonomi Khusus,  kajian  ini  sangat relevan untuk dikembangkan melalui pengembangan pendidikan hukum pada jenjang doktor. Pengembangan pendidikan ilmu hukum pada jenjang  Doktor adalah sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia, dalam rangka meningkatkan nation competitiveness

Profil Pimpinan

Ketua Program

Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Prof. Dr. Adwani, S.H., M.Hum., dilahirkan di Keulibeut Pidie tanggal 31 Desember 1959. Menyelesaikan sarjana pada bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unsyiah 1987. Pada 1989 diangkat sebagai Dosen Fakultas Hukum Unsyiah dalam status CPNS dan seterusnya. Pada tahun 1996 menyelesaikan studi pada Program Magister Hukum di program Pascasarjana Unpad Bandung dengan konsentrasi hukum internasional. Kemudian pada tahun 2007 menyelesaikan studi  S3 pada Program Pascasarjana Unpad Bandung, dengan mengambil konsentrasi bidang Hukum internasional. Saya melaksanakan tugas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada 12 Oktober 2016 dipercayakan untuk menjadi ketua Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

 

Sekretaris Program

Sekretaris Program Doktor Ilmu Hukum PPs Unsyiah, Dr. Mohd, Din, S.H., M.H. lahir di Rawe pada tahun 1964, menyelesaikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Unsyiah Darussalam Banda Aceh Pada tahun 1989, Magester Ilmu Hukum Pada PPs UI Jakarta tahun 1996, selanjutnya Doktor Ilmu Hukum pada PPs UNPAD Bandung pada tahun 2010. Perjalanan karier Dr. Mohd, Din, S.H., M.H. dimulai dari menjadi dosen Fakultas Hukum Unsyiah pada tahun 1990, kemudian, sebelum dipercaya menjadi Sekretaris Program Doktor Ilmu Hukum, pernah diperbantukan menjadi Ketua Laboratorium Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNSYIAH pada 2011 sampai dengan 2012. Pada masa BRR Aceh pernah menjadi Anggota LDM (Law Development Management), yaitu pada tahun 2008.

Kompetensi Lulusan

Program Doktor Ilmu Hukum telah merancang kurikulum berbasis kompetensi, berorientasi  kebutuhan masa depan sehingga  para lulusan memiliki 3 (tiga) kompetensi, yaitu kompetensi utama, Kompetensi pendukung dan Kompetensi lain yang bersifat khusus. Dengan kompetensi tersebut  lulusan DIH akan memiliki integritas moral dan Keahlian dalam bidang ilmu hukum pada umumnya, yang mencakup baik hukum nasional maupun hukum internasional, Kemampuan menyelesaikan masalah hukum,  baik di tingkat internasional, nasional maupun lokal.

Untuk mendukung tercapainya kompetensi utama lulusan sebagaimana tersebut di atas dalam kurikulum DIH  mencantumkan mata kuliah antara lain:  Filsafat Hukum dalam rangka mewujudkan lulusan yang berintegritas; Mata Kuliah Perkembangan sistem Hukum dan Otonomi Khusus dalam sistem Pemerintahan di Indonesia dalam rangka mewujudkan lulusan yang berkemampuan ilmu hukum nasional dan internasional; Mata Kuliah Metode Penelitian Disertasi, Kuliah Promotor  dalam rangka mewujudkan lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah hukum tingkat internasional, nasional dan lokal. Untuk kompetensi lain yang bersifat khusus, maka prodi DIH memiliki kekhususan, yaitu Otonomi khusus. Dimana pada setiap konsentrasi akan dikaitkan dengan otonomi khusus, baik kajian bidang Ketatanegaraan, Pidana, Perdata dan lain-lain.

Visi, Misi dan Tujuan

fakultas-hukum-unsyiah

Visi
  • Menjadi program Doktor yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian ilmu hukum yang berwawasan ke-Indonesiaan, mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat regional dan internasional pada tahun 2023.
Misi
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan hukum secara efektif dan efisien yang dapat menunjukkan arah bagi pembangunan hukum yang berlandaskan kemandirian,  berwawasan lingkungan dan berkelanjutan serta merespon kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar dan lulusan sehingga penelitian hukum semakin berkualitas dan berguna bagi daerah, nasional, regional dan internasional
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menunjang pembangunan hukum nasional.
Tujuan
  • Terselenggaranya pendidikan hukum yang efektif dan efisien untuk dapat menunjukkan arah bagi pembangunan hukum yang berlandaskan kemandirian,  berwawasan lingkungan dan berkelanjutan serta merespon kebutuhan masyarakat;
  • Terwujudnya kualitas dan kuantitas tenaga pengajar dan lulusan sehingga penelitian hukum semakin berkualitas dan berguna bagi daerah, nasional, regional  dan internasional;
  • Terwujudnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menunjang pembangunan hukum nasional.

Kontak

Alamat

Sekretariat : Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111, Email : dih.pps@unsyiah.ac.id, Telepon/Fax : (0651) 7410147, 7551781 Fax. 7551781