PUSBINDIKLATREN BAPPENAS dan PPs UNSYIAH Menggelar Diklat Monitoring dan Evaluasi 2016

image_pdfimage_print

Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas (Pusbindiklatren) bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan MONITORING DAN EVALUASI Tahun 2016. Diklat tersebut terselenggara selama dua (2) minggu dari tanggal 16 – 27 Mei 2016 di Gedung Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor 3, Bapat Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC tersebut berlangsung sukses dengan dihadiri oleh 19 orang peserta yang mewakili instansi pemerintahan dari berbagai Provinsi/Kota yang berada di pulau Sumatera, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi,  Bangka Belitung, dan Bengkulu. Ada 8 pemateri yang membagikan ilmu dan pengalamannya pada diklat tersebut, yaitu Prof. Dr. A. Rahman Lubis, M.Sc., Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng, Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc., Dr. M. Ikhsan Sulaiman, S.T.P., M.Sc., Dr. Ir. Yusya Abubakar, M.Sc., Dr. Ashfa, S.T., M.T., Taufiqurrahman, S.P., M.M., dan Ridhwan, M.Dev.Sc.

Selain penyampaian materi dan diskusi kelompok di dalam ruangan, acara ini juga diisi dengan Field Trip, yaitu mengunjungi beberapa tempat/UPTD yang ada di Banda Aceh, diantaranya UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, dan UPTD Terminal Batoh. Masing-masing ketua/pimpinan UPTD tersebut menyambut para peserta dengan hangat. Dalam beberapa kesempatan, peserta juga sempat mengunjungi situs-situs sejarah dan tsunami Aceh, seperti Rumoh Cut Nyak Dhien di Lampisang, Kuburan Belanda Kerkoff Peucut,  Kapal PLTD Apung, Museum Tsunami, dan Kapal di Atas Rumah.

Dari data kuesioner evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa, para peserta mendapat banyak pelajaran berharga selama mengikuti Diklat MONEV ini. Mereka berharap bisa menerapkan ilmu tersebut di instansi masing-masing. Peserta juga terlihat senang dan berterima kasih kepada panitia lokal, yaitu Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala atas pelayanan yang diberikan selama diklat berlangsung.

Diklat MONEV 2016 ini diakhiri dengan acara penutupan yang dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Sugianto, M.Sc., Wakil Direktur 3 Bidang Kerjasama dan Perencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, dan Ibu Wiky Witarni dari Pusbindiklatren Bappenas. Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan MONITORING DAN EVALUASI tahun 2016.

Diklat MONEV 2016 Diklat MONEV 2016 Diklat MONEV 2016

Posted in Berita, Kegiatan and tagged , , , , .