Berita Terkini

150221073849-wow-kamus-basa-sunda-disusun-dari-7-000-buku-dan-dokumen

UID-SDSN Award 2016

The Third Annual Awards for best creative sustainable ideas in Indonesia awarded by United in Diversity (UID) and the United Nations Sustainable Development Solutions Network (UN SDSN) Who can apply? Indonesia-based organizations and individuals Working on unique solutions to a significant social/environmental problem Can demonstrate some measure of success Has long-term financial/organizational/environmental sustainability Applicants who […]

Habibi-Award-2015-710x1024

Penghargaan Karya IPTEK – Habibie Award

Kami sampaikan informasi penghargaan dari Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK). Penghargaan ini diberikan kepada perseorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan dan penyebarluasan berbagai kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang baru (innovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan dan perdamaian. Penghargaan diberikan setiap tahun […]

Struktur Pimpinan DIT

Struktur Organisasi Kepemimpinan

Baca

Jurnal DIE

Jurnal Internasional

Baca

Kontak DIE

Hubungi Kami Melalui Email

Baca

Profil Pimpinan

Ketua Program Studi

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Teknik Pendidikan Unsyiah, Profesor. Dr.Ir. Medyan Riza, M.Eng lahir di Meulaboh 15 Januari 1959. Pada tahun 1984 menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada Tahun 1990 melanjutkan studi S2 pada Kagoshima University, Jepang dalam bidang Teknologi Proses khususnya Sintesa Polimer dan memperoleh gelar M.Eng pada tahun 1992. Pada tahun yang sama melanjutkan program Doktoral (S3) pada Hokkaido University, jepang dalam bidang yang sama dan memperoleh gelar doctor pada tahun 1994.
Perjalanan karir Prof.Dr.Ir. Medyan Riza, M.Eng dimulai pada tahun 1985 sebagai dosen pada jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 1995 – 1998 dipercaya menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Unsyiah. Pada tahun 1999 – 2004 sebagai dosen tamu pada University Putra Malaysia. Pada tahun 2006 - 2014 menjabat sebagai Ketua Laboratorium Material dan Polimer pada Jurusan Teknik Kimia. Selanjutnya pada tahun 2011 – 2014 menjabat sebagai Ketua Prodi Magister Teknik Kimia, Program Pascasarjana Unsyiah dan sekarang dipercayakan menjabat Ketua Prodi Dotor Ilmu Teknik. Program Pascasarjana Unsyiah (2015 - 2019).

Sekretaris Program Studi

Sekretaris program studi S3 Doktor Ilmu Teknik Unsyiah, Dr. Yulia Hayati, ST.M.Eng lahir di Banda Aceh, 9 Juli 1971. Pada tahun 1996 beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Program Studi Teknik Sipil. Tahun 2001 beliau melanjutkan studi Magister di Toyohashi University of Technology, Toyohashi Japan di Architecture and Civil Engineering Department dan menyelesaikan studinya pada tahun 2003, selanjutnya di tahun 2011 melanjutkan kembali studinya di Toyohashi University of Technology, Toyohashi Japan di bidang Mechanical and Structural Engineering dan akhirnya pada tahun 2014 beliau memperoleh gelar doktornya.

Perjalanan karir Dr. Yulia Hayati, ST.M.Eng dimulai pada tahun 1997 sebagai staf pengajar di jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala dengan bidang Ilmu Mekanika Rekayasa dan aktif di Laboratorium Konstruksi dan Bahan Bangunan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh hingga sekarang. Pada tahun 2009 hingga 20010 beliau ditunjuk sebagai salah satu staf pengurus atau pengelola Administrasi dan Keuangan pada program studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Unsyiah dan sekarang beliau dipercayakan menjabat Sekretaris Program Studi S3 Doktor Ilmu Teknik Program Pascasarjana Unsyiah Periode 2015-2019.

Visi

Program ini mempunyai visi yaitu Menjadikan Doktor Ilmu Teknik Universitas Syiah Kuala sebagai komunitas akademik terkemuka yang berperan aktif dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia.

Misi

Program Doktor Ilmu Teknik Unsyiah memiliki misi sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang ilmu Teknik yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
  2. Melakukan dan mengembangkan karya penelitian berkualitas dalam bidang ilmu Teknik untuk kepentingan pengembangan pengetahuan, teknologi, dan kesejahteraan manusia
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan konsep/model dan teknologi dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat
  4. Meningkatkan pendalaman dan pengembangan sains dan teknologi untuk kemajuan pendidikan dan pembangunan
  5. Mempromosikan disseminasi hasil penelitian dalam bentuk publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional
Tujuan

Program Studi Doktor Ilmu Teknik PPs Unsyiah memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang rekayasa, meliputi bidang Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro yang berbasis pada kebijakan publik, dengan gelar Doktor  ( Dr. ) dan mampu mengembangkan kinerja atas dasar bidang keahliannya.

Profil Program Studi

Gedung Perkuliahan 3Program Doktor Ilmu Teknik, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala yang berdiri sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 476/E/O/2014 dirancang menjadi sarana bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program ini juga ditujukan untuk mengembangkan paradigma pembangunan fisik dalam bidang Teknik yang seimbang antara kepentingan sosial, ekonomi dan teknologi.

Program Doktor Ilmu Teknik Universitas Syiah Kuala selain menerima calon mahasiswa se bidang ilmu, juga menerima calon mahasiswa dari program magister yang tidak sebidang. Agar learning outcomes dapat tercapai sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi yang telah ditetapkan di Program Studi Doktor Ilmu Teknik, maka kepada mahasiswa yang tidak sebidang ilmu yang diterima melalui seleksi, diharuskan mengikuti program matrikulasi yang diberikan pada pra-semester. Program ini juga diberikan kepada mahasiswa yang sebidang ilmu tetapi berdasarkan hasil seleksi diketahui masih kurang (minim) pengalaman dalam publikasi ilmiah.

Kantor Prodi Doktor Ilmu Teknik

Kurikulum matrikulasi yang ditawarkan meliputi paket pembelajaran yang memberikan pengetahuan dasar dan keahlian dalam penguasaan ipteks dan teknologi, metodologi penelitian serta statistika terapan. Selain itu juga diberikan sistem pendidikan pascasarjana dan penjelasan tentang Paradigma Baru Sistem Pendidikan Tinggi kususnya Pendidikan Program Doktor sesuai dengan Undang-undang Pendidikan Indonesia, Perpres Nomor 8 Tahun 2012 Tentang KKNI tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta Standar Nasional Penddidikan Tinggi (SNPT) sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No 49 Tahun 2014. Materi Kuliah matrikulasi yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Matematika Teknik
  2. Analisis Numerik
  3. Metode Penelitian