Angkat Cita Rasa Kopi Luwak Gayo Dalam Pentas Penelitian, Murna Muzaifa Raih Gelar Doktor di Universitas Syiah Kuala

  • 2020-07-19 07:40:26
  • Posted by Admin
Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs Unsyiah) berturut turut dalam pekan ini (14/7/20) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswi terbaiknya, Murna Muzaifa. Ibu rumah tangga, dosen, sekaligus mahasiswi pada program Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
 
Gelar pendidikan tertinggi ini secara sah diraihnya setelah menempuh ujian sidang promosi doktor yang dilakukan secara virtual dengan menerapkan protokol Covid19, sidang promosi doktor dipimpin oleh Wakil Rektor 1 Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan pada selasa 14 Juli 2020 bertempat di Ruang Teleconference Universitas Syiah Kuala.
 
Murna yang dalam kesehariannya merupakan Dosen di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) mempertahankan judul disertasinya “Kualitas Kopi Luwak Arabika Gayo dan Potensi Produksinya secara Mikrobiologis", dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Amhar Abubakar, MS., IPU., ASEAN Eng. sebagai promotor serta Dr. Ir.Yusya Abubakar, M.Sc dan Dr. Febriani, M.Si sebagai Ko-Promotor.
 
Dosen kelahiran Takengon, Aceh Tengah 7 Desember 1978 ini merupakan lulusan Strata satu Teknologi Hasil Pertanian Unsyiah pada tahun 2002 yang kemudian melanjutkan pendidikan magister S2 di program studi magister Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2004, kemudian melanjutkan pendidikan doktoral pada program studi Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
 
Kesungguhan ibu empat anak itu terbukti ketika Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan membaca keputusan hasil sidang yang menyatakan bahwa Murna memperoleh nilai 90,5 dengan kategori A dan IPK 4,00 dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor.
 
Mengemban tiga peran, menjadi ibu rumah tangga, dosen dan mahasiswa tentu tidak mudah dijalani. Murna mengungkapkan selama menempuh pendidikan dirinya lebih banyak bergelut dengan penelitian dan penulisan artikel ilmiah. Keberhasilannya mempublikasikan 8 paper di jurnal dan prosiding internasional (5 diantaranya terindeks Scopus) merupakan capaian yang luar biasa. Bagi Murna, publikasi di jurnal internasional adalah wujud eksistensi dalam dunia ilmu pengetahuan dan salah satu indikator kinerja dosen di bidang akademik. 
 
Setelah lulus, kesibukan Dosen Pertanian ini tentu tidak berkurang. Dia akan tetap melakukan tridarma perguruan tinggi mengajar, meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat, disamping menjalani kesibukan sebagai ibu rumah tangga. “Alhamdulillah pencapaian ini merupakan anugerah yang harus syukuri, semoga membawa keberkahan menjadikan saya sebagai pribadi yang lebih baik dalam segala peran dan bermanfaat bagi orang banyak” ungkap dia. (Muhajir.PPs)

Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226