Pendampingan Penyusunan Kurikulum (2021-2024) Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

  • 2021-04-23 15:14:25
  • Posted by Admin

Perubahan kurikulum merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan scientific vision (ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS)), kebutuhan masyarakat serta kebutuhan pengguna lulusan. Standar Pendidikan tinggi telah mengalami 3 kali perubahan yaitu dari Permenristek dikti No 49 tahun 2014 menjadi Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 dan terakhir diubah menjadi Permendikbud No.3 tahun 2020 seiring dengan Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM).
 
Dalam mengembangkan kurikulum Pascasarjana Universitas Syiah Kuala tetap mengaju pada Peraturan Presiden No 8 tahun 2012 terkait jenjang KKNI, magister setara dengan jenjang 8 dan Doktor setara dengan jenjang 9 dimana di era Industri 4.0 lulusan memilki kemampuan literasi data, teknologi dan manusia yang beraklah mulia. Oleh karena itu pada tanggal 20 April 2021 Pascasarjana mengadakan acara restruktur kurikulum  prodi di lingkungan Pascasarjana untuk periode 2021-2024 yang dibuka oleh Direktur Pascasarjana (Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc) dan diarahkan oleh Wakil Direktur I (Prof. Dr. Syahrun Nur, S.Si., M.Si)

Narasumber sebagai pendamping dari LP3M Universitas Syiah Kuala (Dr. Sofia, S.Si., M.Sc dan Dr. drh. Rinidar, M.Kes) telah memberikan arahan dan pencerahan kepada ketua prodi dan ketua tim penyusun kurikulum multidisiplin Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Adapun ketua dan tim Penyusun Kurikulum Prodi  memberikan pemikiran dan ide untuk kesepakatan revisi kurikulum pada Prodi Pascasarjana setelah pemaparan terkait revisi kurikulum. Tak kalah menarik juga terhadap pemaparan audit kurikulum. Sehingga tahapan revisi kurikulum menjadi bahan dan persiapan untuk prodi, dan audit  dilaksanakan setiap tahun oleh LP3M universitas Syiah Kuala.  Ketua jaminan Mutu Pascasarjana Dr. ichwana, ST., MP mengatakan prodi Passcasarjana sudah mendapatkan bocoran apa yang akan diaudit untuk bagian kurikulum dan tentunya setiap prodi wajib melaksanakan mekanisme ideal dalam merevisi kurikulum di tahun 2021. Mulai dari tracer study, matrik rumusan capaian pembelajaran dan desain pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan blended learning. Secara keseluruhan harus mencakup standar isi, proses dan evaluasi pembelajaran. Kurikulum akan kita plenokan di akhir Mei dan finalisasi pertengahan Juni 2021. 


Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226