PPs USK Ikut Berpartisipasi pada Festival Eco-Enzyme dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • 2021-06-29 16:21:48
  • Posted by Admin

Universitas Syiah Kuala berkomitmet terus menjaga kelestarian kampus hijau dan berperan aktif melibatkan diri dalam usaha memanfaatkan limbah sehingga dapat meningkatkan kelestarian lingkungan, ekonomi dan keberlanjutan kampus. Program Pascasarjana USK telah ikut berpartisipasi pengisian  borang UIGMURN terhadap  data rencana dan implementasi. Data pengisian borang tersebut terkait dengan parameter dari UI GreenMetric, yang meliputi  : 1. Penataan dan Infrastruktur, 2. Energi dan Perubahan Iklim, 3. Limbah, 4. Air, 5. Transportasi, 6. Pendidikan dan Penelitian. Pascasarjana  terus meningkatkan komitmen  dalam merencanakan dan menerapkan indikator yang ditetapkan oleh UIGM demi  mencapai ”Suistanable Green Campus”. 

Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Marwan,  pada hari menyambut Hari Lingkungan Sedunia pada moment festival ecoenzyme tanggal 26 juni 2021 memberikan ucapan terima kasih kepada Pascasarjaa atas partisipasi dalam mendukung terealisasinya Suistanable Green Campus”. Selain itu USK juga memberikan produk Eco Enzyme  untuk dapat  dipergunakan sebagai disenfektan alami yang ramah lingkungan, pembersih kaca, cairan pembersih lantai  dan juga tak kalah penting untuk mengembangkan ide penelitian. Pemanfaat Produk eco enzyme sebagai solusi permasalahan lingkungan kampus juga dapat memberikan nutrisi kepada tanah serta dapat membunuh hama penyakit tanaman. Namun komposisi akan terus diuji coba untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Eco-Enzyme merupakan pemanfaatan hasil dari fermentasi limbah organik seperti ampas buah-buahan dan sayuran, gula (gula coklat/gula merah/molase), dan air dengan pembanding 3 (ampas buah-buahan dan sayuran) : 1 (gula merah/ molase) : 10 (Air). Fermentasi dilakukan secara anarobik selama 100 hari (3 bulan). 

Limbah organik terutama limbah dari sayur dan buah yang ada di lingkungan kampus dapat diolah menjadi produk multi manfaat yaitu Eco Enzyme. Beberapa manfaat Eco-Enzyme yang telah digunakan pada lingkungan kampus  diantaranya sebagai antiseptik, pembersih lantai, kaca, toilet, badan-badan perairan, selokan, sungai, menyuburkan tanah, tanaman  dan mempercepat proses pematangan pada pengomposan. 

Pada Kegiatan festival Ecoenzyme ini, Universitas Syiah Kuala juga melakukan launching produk Eco-Enzyme USK dan penyerahan Produk ke masing-masing Dekan Fakultas dan pimpinan lembaga dilingkungan USK.  Produk Eco-Enzyme USK ini diharapkan kedepan dapat dimanfaatkan dilingkungan Universitas Syiah Kuala.


Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226