Direktur Program Pascasarjana Unsyiah

Direktur PPs Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc. lahir di Sigli 9 Oktober 1962. Pada Tahun 1986 beliau memperoleh gelar insinyur pada Universitas Syiah Kuala - Fakultas Pertanian, Program Studi Ilmu Tanah. Selanjutnya Tahun 1990 beliau melanjutkan studi Magister pada Kansas State University, USA mendalami bidang llmu Soilphysics, pada tahun selanjutnya 1994 beliau memperoleh gelar doktornya pada universitas yang sama di Kansas State University, USA bidang ilmu Soil Water Management

Perjalanan karir Prof. Dr. Ir. H Darusman, M. Sc. dimulai pada tahun 1995 sebagai dosen dan dipercaya sebagai Head of Division pada Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Selanjutnya pada tahun 1997 - 1999, beliau dipercaya menjabat Ketua Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unsyiah, tahun 1999-2003 beliau manjabat sebagai ketua program Studi Magister Konservasi sumberdaya Lahan, Selanjutnya pada tahun 2003-2007 beliau menjabat sebagai Wakil Direktur 1 Bidang Akademik pada Program Pascasarjana Unsyiah, selanjutnya pada tahun 2006-2014 beliau diangkat menjadi Pembantu Rektor IV Bidang kerjasama Universitas Syiah Kuala. pada masa transisi pemilihan Rektor unsyiah Maret 2014 - May 2014 beliau dipercayakan merangkap jabatan pembantu Rektor III dan IV bidang kerjasama dan kemahasiswaan, dan sekarang beliau dipercayakan menjabat Direktur Program Pascasarjana Unsyiah Periode (2019-Sekarang).

 

 

 

Asisten Direktur I Program Pascasarjana Unsyiah

Prof. Dr. Syahrun Nur Madjid is a senior lecturer in physics at Faculty of Mathematics and Natural Sciences of SyiahKuala University (USK). Syahrun's main research interest involves performing fundamental studies on Laser Induced Plasma Spectroscopy and its applications to several areas such as real-time monitoring of processed material, quality control of pharmaceutical materials, etc.

He has joined the research with Dr. Koo Hendrik Kurniawan at MMM foundation in Jakarta. Another research interest is in developing better physics education. Using an inexpensive and used tools, he conducts simple experiment to explain basic Physics concepts. He has extensive experience in conducting the physics education that he obtained from his Professor, Kiichiro Kagawa, during his Doctor program at The university of Fukui, Japan. Nowadays he delivers this method for teachers in Aceh and master students at teaching faculty.

 

 

 

 

Asisten Direktur II Program Pascasarjana Unsyiah

Asisten Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. Muhammad Adam, SE, MBA. Lahir di Meuredu 17 Juni 1962. Pada tahun 1987 beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Universitas Syiah Kuala – Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen. Selanjutnya Tahun 1992 beliau melanjutkan studi Magister pada University of Central Florida, USA. mendalami Ilmu Manajemen dan Bisnis, dan berhasil meraih gelar Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1994. Setelah beberapa tahun kemudian, pada tahun 2010 beliau melanjutkan Program Doktor di Universitas Padjadjaran Bandung dalam bidang Ilmu Manajemen Pemasaran dan lulus Program Doktor pada awal Februari 2013 dengan predikat Cumlaude.

Perjalanan karir Prof. Dr. Muhammad Adam, SE, MBA. dimulai pada tahun 1988 sebagai dosen Fakultas Ekonomi Unsyiah dan setelah menyelesaikan Program MBA pada tahun 1996, dipercayakan sebagai Sekretaris Program Studi Diploma III Koperasi pada Fakultas Ekonomi Unsyiah, selanjutnya pada tahun 1992 - 1999 dipercayakan sebagai Ketua Program Studi Diploma III Pemasaran pada Fakultas Ekonomi Unsyiah, dan pada tahun 2003-2007 beliau terpilih menjadi Ketua Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Unsyiah, dan di bawah kepemimpinan beliau Jurusan Manajemen berhasil memperoleh predikat Akreditasi A yang pertama di lingkungan Fakultas Ekonomi Unsyiah. Selanjutnya pada tahun 2008-2010 beliau dipercayakan menjadi Sekretaris Program Studi Magister Manajemen (MM) pada Program Pascasarjana Unsyiah dan pada tahun 2013 beliau dipercayakan menjadi Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM) pada Program Pascasarjana Unsyiah, dan sekarang beliau dipercayakan sebagai Asisten Direktur II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Program Pascasarjana Unsyiah (2015-2019).

 

 

Tugas dan Wewenang

Direktur

  • ​Direktur PPs Unsyiah berwewenang dan bertanggung jawab mengkoordinasikan penyelenggaraan program-program studi dalam lingkungan PPs Unsyiah
  • Untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas tersebut, Direktur dibantu oleh Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Kasubbag TU dan Satuan Penjaminan Mutu.
  • Dalam memanfaatkan tenaga pengajar dan fasilitas yang berada pada masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Syiah Kuala, Direktur berkoordinasi dengan masing-masing Pimpinan Fakultas.
  • Direktur PPs Unsyiah bertanggung jawab kepada Rektor.

Wakil Direktur I (Wadir)

  • Wadir I bertugas membantu dan bertanggung jawab kepada Direktur untuk koordinasi kegiatan akademik, kemahasiswaan dan alumni.
  • Kegiatan tersebut mencakup pelayanan kepada mahasiswa, beasiswa, rekruitmen mahasiswa baru, kegiatan ekstra kurikuler, data-base mahasiswa dan alumni serta kegiatan lain yang berhubungan dengan peningkatan peran serta mahasiswa dalam upaya peningkatan mutu PPS, serta membantu dalam upaya peningkatan pelayanan mahasiswa.

Wakil Direktur II (Wadir II)

  • Bertugas membantu dan bertanggung jawab kepada Direktur untuk koordinasi kegiatan administrasi umum dan keuangan.
  • Kegiatan di atas mencakup sistem keuangan, pelayanan administrasi umum, pemeliharaan dan perawatan fasilitas kantor/pembelajaran program studi di lingkungan Program Pascasarjana. 

Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226