Tak Hanya Meraih Gelar Doktor di Unsyiah, Gina Erida juga mendapatkan Pengakuan Hak Kekayaan Intelektual Paten dari Negara

  • 2020-07-20 19:35:30
  • Posted by Admin

Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs Unsyiah) Tak main-main, dalam waktu berturut turut dalam pekan ini kembali menganugerahkan gelar pendidikan tertinggi (S3) doktor pertanian kepada salah satu mahasiswi terbaiknya, Gina Erida secara sah meraih gelar Doktor setelah melalui ujian sidang promosi doktor yang di laksanakan secara virtual di Ruang Teleconference Progam Pascasarjana Universitas Syiah Kuala jumat, 17 Juli 2020.

Dosen yang akrab disapa Gina ini meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Potensi Alelopati Tumbuhan Sebagai Bioherbisida terhadap Pertumbuhan Gulma Amaranthus spinosus L.” Dalam penelitiannya Gina terfokus pada penggunaan pestisida alami untuk mencegah dan mematikan gulma atau tumbuhan pengganggu yang dalam penelitiannya Gina Erida menggunakan gulma bayam duri, dibimbing oleh Dr. Nurdin, M.Si. Prof. Dr. Ir. Hasanuddin, MS dan Dr. nat. techn. Syafruddin, SP, M.P sebagai promotornya.

Dalam kesehariannya sebagai Dosen, Gina menceritakan bahwa selama menempuh pendidikan di Universitas Syiah Kuala dirinya banyak menggunakan waktu untuk melakukan penelitian di laboratorium tanah fakultas pertanian dan menulis artikel ilmiah. Keberhasilannya mempublikasikan hasil penelitian tersebut tidak hanya diakui jurnal internasional terindeks scopus, Gina juga mendapatkan pengakuan Hak Kekayaan Intelektual dari Negara yang terdafatar dengan nomor S00201809518 dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Baginya publikasi dan pengakuan hak kekayaan intelektual ini merupakan sumbangsih dirinya untuk dunia ilmu pengetahuan. 

Dosen kelahiran Banda Aceh, 26 Juni 1963 tersebut mengakui ide awal ketertarikannya melakukan penelitian tersebut karena sejak awal menduduki bangku strata satu dirinya sering mendapatkan tugas yang berhubungan dengan gulma dan Alelopati dan diperkaya dengan pengalaman lapangan yang sering masuk hutan dan laboratorium.

Gina Erida merupakan Istri dari Bapak Ir. Husaini Syamaun MM yang merupakan mantan kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (2008-2013), menjabat Kepala Dinas Kehutanan (2013-2017), terakhir menjabat kepala dinas lingkungan hidup dan kehutanan, Gina Erida merupakan lulusan Strata satu Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Unsyiah pada tahun 1988, kemudian melanjutkan pendidikan magister S2 di program studi magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Universitas Sumatera Utara tahun 1999, kemudian ia melanjutkan pendidikan doktoral (S3) pada program studi Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Dalam keputusan hasil ujian sidang Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan menyatakan bahwa Gina Erida memperoleh nilai 90.11 dengan kategori A , IPK 4,00 dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor.

Sidang Promosi Doktor yang berlangsung secara live youtube ini disaksikan lebih dari 250 penonton, Hadir dalam sidang promosi doktor virtual ini Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc, dalam video live youtube Pascasarjana ia mengucapkan selamat kepada Gina Erida : "Selamat buat bu Gina, semoga ujian Promosi Doktor pada hari ini bisa berjalan dengan lancar, Aamin YRA".

Diberitakan bahwa Program Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala masih menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020 - 2021, penerimaan mahasiswa baru pascasarjana ini diagendakan akan berakhir pada 27 juli 2020 mendatang. (Muhajir.PPs)


Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226