Tipe Murid Biasa-biasa Saja Saat dibangku Sekolah, Siapa Sangka Pemuda Lhoksukon ini Raih Gelar Doktor Dengan Menulis 7 Jurnal Bereputasi

  • 2021-02-11 14:55:44
  • Posted by Admin

[Muhajir.PPs] Doktor Matematika dan Aplikasi SAINS Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs USK) kembali menganugerahkan gelar pendidikan tertinggi (S3) kepada salah seorang mahasiswa terbaiknya, Muhammad Nanda secara sah meraih gelar Doktor setelah melalui ujian sidang promosi doktor yang di laksanakan secara virtual di Ruang Teleconference Progam Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Kamis, 11 Februari 2021.

Pemuda kelahiran Lhoksukon 9 Juni 1992 ini meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Kajian Ekstensi Patahan Sumatera Segmen Seulimeum di Pulau Weh dan Kaitannya Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Sabang”. Dalam penelitiannya Nanda berhasil menemukan kebaharuan menggabungkan metode geofisika dengan geomorfologi dan remote seinsing untuk memperbarui dan melengkapi peta distribusi dan jalur patahan utama di Pulau Weh, dibimbing oleh Dr. Nazli, S.Si, M.Si. Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal, Dr. Faisal, S.Si, M.Sc dan Prof. Dr. rer. nat. Rinaldi Idroes, S.Si sebagai promotornya.

Muhammad Nanda tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan meraih gelar pendidikan tertinggi doktor pada hari ini, mengingat dahulu dirinya saat dibangku sekolah termasuk murid yang biasa biasa saja. Anak dari pasangan Zulkifli Yahya dan Suryani ini menceritakan bahwa selama menempuh pendidikan di Universitas Syiah Kuala dirinya senantiasa terlibat dengan banyak penelitian dan menggunakan sepenuh waktunya untuk menulis artikel ilmiah. Buah dari ketekunannya meneliti dan menulis tidak hanya diakui pada jurnal nasional bereputasi, ia juga berhasil mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional terindeks scopus, Baginya publikasi penelitian ini merupakan sumbangsih dirinya untuk dunia ilmu pengetahuan. 

Muhammad Nanda merupakan lulusan MIN 28 Lhoksukon pada tahun 2004, ia lulus pada SMP 1 Lhoksukon pada tahun 2007, dan menyelesaikan pendidikan sekolahnya pada SMAN 3 Putra Bangsa pada tahun 2010, kemudian ia melanjutkan Pendidikan Strata 1 Pada Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Syiah Kuala dan selesai pada tahun 2015, kemudian ia meraih beasiswa Program Percepatan Magister Menuju Doktor Sarjana Unggul Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala pada tahun 2016.

Dalam keputusan hasil ujian sidang Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan menyatakan bahwa Muhammad Nanda memperoleh nilai 90.25 dengan kategori A, dan berhak menyandang gelar Doktor.

Sidang Promosi Doktor yang berlangsung secara live youtube ini disaksikan lebih dari 316 penonton, video ujian promosi doktor ini dapat disaksikan pada halaman berikut : https://www.youtube.com/watch?v=V1r7MQr78Co&t=966


Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226