Teknologi Jaringan 5G Menghantarkan Yunida Raih Gelar Doktor di Universitas Syiah Kuala

  • 2020-07-11 11:43:41
  • Posted by Admin

Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs Unsyiah) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswi terbaiknya, Yunida. Pada usianya yang baru menginjak 29 tahun, Yunida dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan pada program Doktor Ilmu Teknik Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Gelar pendidikan tertinggi ini resmi diraihnya setelah menempuh ujian sidang promosi doktor yang dilakukan secara virtual dengan protokol Covid19, sidang ini dipimpin oleh Wakil Rektor 1 Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan pada Kamis 9 Juli 2020 bertempat di Ruang Balai Senat Universitas Syiah Kuala.

Gadis kelahiran Desa Padang Sikabu, Aceh Barat Daya tanggal 15 Juni 1991 ini merupakan lulusan Strata satu Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013 yang kemudian melanjutkan pendidikan melalui program beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti pada program studi Doktor Ilmu Teknik Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dari tahun 2016. 

Selama menjalani studi S3 di Universitas Syiah Kuala, waktu yang dimiliki Yunida banyak digunakan untuk membaca dan meneliti. Dalam disertasinya, Yunida terfokus pada peningkatan kinerja sistem komunikasi nirkabel (wireless) khususnya pada teknologi 5G ini, dibimbing oleh Prof. Dr. Nasaruddin, S.T. M. Eng, Prof. Dr. Ir. Yuwaldi Away, M.Sc, dan Dr. Rusdha Muharar, S.T. M.Sc sebagai promotornya.

Dalam keputusan hasil ujian sidang Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan menyatakan bahwa Yunida memperoleh nilai 89,58 dengan kategori A dan IPK 3,95 dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor.

Capaian diraihnya ini diakui tak lepas dari do'a kedua orang tua serta kerja keras dan keinginan yang kuat untuk meraih cita-cita. diusianya yang masih muda ini Yunida telah menerbitkan 7 publikasi ilmiah berskala nasional dan internasional

Putri pasangan Burhan Hamid dan Hafsah ini berkeinginan menjadi pendidik di Universitas Syiah Kuala. Dengan profesi tersebut, dia berharap dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, dan generasi bangsa terhadap ilmu pengetahuan yang digelutinya. 

Diberitakan bahwa Program Doktor Ilmu Teknik Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala masih menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020 - 2021, penerimaan mahasiswa baru pascasarjana ini diagendakan akan berakhir pada 27 juli 2020 mendatang. (Muhajir.PPs)


Anda Memiliki Pertanyaan ?

Sampaikan pertanyaan dan keluhan anda kepada kami melalui email: ppsunsyiah@unsyiah.ac.id atau melalui nomor telepon (0651) 7410226