Program Studi Magister Fisika

image_pdfimage_print

PENDAHULUAN

Indonesia hingga saat ini masih cenderung menjadi pasar yang sangat besar bagi produk-produk dari Negara-negara maju dan belum mampu menjadi Negara produsen bahkan untuk keperluan domestiknya. Padahal bangsa Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) yang sangat besar dan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan ilmu dasar adalah kunci penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan oleh suatu bangsa. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kunci untuk mewujudkan bangsa yang mandiri, sejahtera, dan berwibawa. Fisika sebagai bagian ilmu dasar merupakan salah satu fondasi utama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik di masa lalu, sekarang maupun yang akan datang, sehingga penguasaan ilmu Fisika mutlak diperlukan bangsa Indonesia agar dapat maju, mandiri dan sejahtera.

Atas dasar pemikiran dan pemahaman tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) didirikan di UNSYIAH pada tahun 1989. Dalam lima tahun terakhir, jurusan Fisika FMIPA-UNSYIAH telah berhasil melahirkan lebih kurang 147 orang sarjana S1 yang bekerja diberbagai lapangan pekerjaan di seluruh wilayah Indonesia. Kenyataan ini menunjukkan bahwa jurusan Fisika FMIPA-Unsyiah tidak hanya telah berhasil memenuhi harapan rakyat Aceh, tetapi telah turut juga dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat UUD 1945.

Untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, sejahtera dan berwibawa, peningkatan kualitas SDM dalam bidang ilmu Fiska tidak cukup hanya upaya meningkatkan kualitasdan memperbanyak lulusan program S1 ilmu Fisika, tetapi juga diimbangi dengan penyediaan SDM berkualifikasi S2 atau bahkan S3 dalam bidnag Ilmu Fisika. Alhamdulillah, Jurusan Fisika FMIPA unsyiah, telah dipercaya untuk menyelenggarakan Program Magister (S2) Fisika berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 469/E/O/2013.

VISI

Menjadi salah satu program studi yang unggul dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Fisika yang berbasis potensi local di Asia Tenggara Tahun 2025.

MISI

Menghasilkan lulusan S2 yang berkualitas dan berdaya saing, berintegritas, inovatif, dan jiwa kewirausahaan, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi berdasarkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan Fisika yang kuat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sumber daya manusia berkualifikasi master sains dalam bidang fisika dan terapannya, yang mampu menguasai konsep-konsep fisika secara benar untuk tujuan pendidikan, penelitian dan aplikasinya pada berbagai bidang yang relevan sesuai dengan bidang minat yang dipelajarinya.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang berbasis kemitraan dengan masyarakat dalam bidang fisika yang bertumpu pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam local.
  3. Memfasilitasi terciptanya perubahan pada masyarakat yang lebih baik melalui penelitian dan pengabdian sebagai kontribusi bagi pengembangan daerah.
  4. Meningkatkan pelayanan profesi pada bidang fisika melalui peningkatan penguasaan pengetahuan ilmu fisika serta terbentuknya program studi yang mandiri, transparan, dan akuntabel.

KURIKULUM PENDIDIKAN :

Program Studi Magister Fisika FMIPA UNSYIAH diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor  469/E/O/2013. Program Studi ini terdiri atas empat konsentrasi / Bidang Minat, yaitu Ilmu Fisika, Fisika Material, Geofisika dan Optika dan Elektronika. Lulusan Program Studi ini mendapatkan gelar akademik Magister Sains atau disingkat M.Si.

Kurikulum Program Studi Magister (S2) Fisika FMIPA UNSYIAH disusun dengan memperhatikan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan tinggi.

Struktur kurikulum program studi magister Fisika Universitas Syiah Kuala adalah sebagai berikut:

Staf Pengajar :

  1. Prof. Dr. Syamsul Rizal
  2. Dr. Mursal, M.Si
  3. Dr. M. Syukri Surbakti, M.Si.
  4. Dr. Adi Rahwanto, M.Eng., Sc.
  5. Dr. Ismail, A.B.
  6. Dr. Syahrun Nur, M.Si.
  7. Dr. Suhrawardi Ilyas, M.Sc.
  8. Dr. Nazli Ismail, M.Si.
  9. Dr. Nasrullah Idris, M.Si.
  10. Dr. Rini Safitri, M.Si.
  11. Dr. Zulkarnain, M.Si.
  12. Dr. Didik Sugiyanto, M.T.
  13. Dr. Ellin Yusibani, M.Sc.
  14. Dr. M.Syukri Usman, M.T.
  15. Dr. Faisal, M.Sc.

Fasilitas :

  • Ruang Kuliah dan aboratorium Full AC
  • Ruang kuliah dan Laboratorium Full internet/wifi
  • Laboratorium Fisika Material
  • Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi
  • Laboratorium Optik dan Aplikasi Laser
  • Laboratorium Geofisika
  • Ruang Baca

Peralatan Laboratorium :

  • X-Ray Diffractometer (XRD)
  • Ball Milling
  • Universal Testing Machine
  • Atomic Force Microscopy (AFM)
  • Bomb Calorimeter
  • SEM
  • Furnace
  • VLF
  • Magnetometer
  • Gravifitimeter
  • Seismik Refrasi 24 Chanel
  • GPRS
  • GPS
  • Geolistrik Multi Elektroda
  • Laser Nd-YAG
  • Serat Optik
  • Laser He-Ne

Prasyaratan Peserta

  1. Calon mahasiswa yang dapat diterima adalah para sarjana (S1) dari berbagai bidang ilmu sains dan rekayasa (engineering), yang memiliki ijazah dari PTN dan PTS yang telah lulus ujian Negara atau perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah diakreditasikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Lulus seleksi dalam bentuk ujian tertulis.
  3. Diutamakan mempunyai IPK2,75 pada waktu lulus pendidikan sarjana (S1).

Biaya, Tempa dan Waktu Pendaftaran

Biaya :

Biaya Pendaftaran : Rp. 500.000,-

Biaya Kuliah Per Semester :  Rp. 5.000.000,-

Biaya Matrikulasi  : Rp. 1.500.000,-

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan menjelang awal semester setiap tahunnya (baik semester ganjil maupun semester genap).

Sekretariat :

Program Studi Magister Fisika Gedung C Pascasarjana Lantai II, Jln. Tgk. Chiek Pante Kulu No.5 Darussalam 23111. Website : pps.unsyiah.ac.id   Email : magisterfisika@fmipa.unsyiah.ac.id   HP. 082276830168