Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

image_pdfimage_print

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA Jenjang Strata Dua (S2) secara resmi dibuka sebagai salah satu program studi dalam lingkungan Program Pascasarjaana Universitas Syiah Kuala sejak Bulan September tahun 2011. Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 ini ditetapkan perizinannya oleh Dirjen Dikti atas nama Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan suatu keputusan Nomor 212/E/O/E/ 2011 tanggal 21 September 2011. Selanjutnya, berdasarkan keputusan tersebut, program studi ini menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun 2011.
Lahirnya Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 di Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diawali proses usulan hibah yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui kegiatan Aliansi Program Pascasarjana antar Perguruan Tinggi (PT) dengan pendampingan oleh Perguruan Tinggi Pembina Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2010. Usulan tersebut diwujudkan dengan kucuran dana dari Dikti pada pertengahan tahun 2011 dengan memfasilitasi proses lahirnya Program Studi Pendidikan IPA. Berdasarkan fasilitas yang disediakan tersebut, telah menginspirasi terwujudnya Program Studi Pendidikan IPA secara resmi pada September 2011.
Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diberi singkatan Program Studi MPIPA. Saat ini, Prodi MPIPA menyelenggarakan 3 (tiga) bidang pemusatan keahlian, yaitu:
1) Konsentrasi Pendidikan Fisika,
2). Konsentrasi Pendidikan Kimia, dan
3). Konsentrasi Pendidikan IPA.
Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan No. 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 yang berlaku hingga Tanggal 18 Juni 2019.

Brosur:

Alamat Sekretariat :
Jl. Tgk. Chik Pante Kulu No.5 Darussalam-Banda Aceh 23111
Telp. 08121815214
email: mpipapps_unsyiah@yahoo.com | mmat.pps@unsyiah.ac.id