Magister Teknik Industri

image_pdfimage_print

PROFIL

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia dalam bidang pengembangan teknologi dan persiapan memasuki era perdaganan bebas, diperlukan konvergensi upaya dalam penyiapan sumber daya manusia yang mampu bersaing untuk mengelola potensi dan sumberdaya suatu wilayah. Demikian halnya Provinsi Aceh, yang secara Geografis berada dalam kondisi strategis yakni berada di pintu depan perdaganan selat malaka dan samudra Indonesia yang juga berbatasan dengan Negara Thailand, Malaysia dan Singapura serta Negara-negara Asia Selatan lainnya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia melalui surat No. 724/E.E2/DT/2013 tanggal 25 Juni 2013 memberi mandate kepada Universitas Syiah Kuala untuk menyelenggarakan Program Magister Teknik Industri (MTI) yang akan memperkuat Program sarjana Teknik Industri yang telah berjalan sejak tahun 2010 dan memperluas kesempatan melanjutkan strata akademik ke jenjang magister (S2) bagi lulusan Teknik dan multispliner yang terkait, dengan harapan sumberdaya manusia Indonesia menjadi lebih siap menghadapi persaingan global di dunia industri.

Program Magister ini dirancang melalui proses identifikasi potensi sumberdaya dan kebutuhan local dengan proyeksi kedepan secara nasional dan ASEAN. Program ini menawawrkan 3 Program kekhususan yang disusun secara berkelanjutan, yaitu :

1. SISTEM INDUSTRI

Bidang kekhususan ini lebih meninitikberatkan pada kemampuan sumberdaya manusia industry yang dapat mengintergasikan industry secara sistematik dan menyelesaikan masalah industri, dengan kemampuan dan kopentensi dalam hal permodelan system, system informasi, ergonomic dan rekayasa kinerja, rantai suplai dan aspek lain yang mempengaruhi berbelanjutan industry.

2. TEKNOLOGI INDUSTRI

Bidang kekhususan ini lebih menitik beratkan pada kemampuan sumberdaya manusia industry dalam hal yang lebih teknis dalam pengelolaan teknologi industri. Dengan kemampuan dan kompetensi diantaranya adalah metode optimasi, system produksi, teknologi manufaktur, komputansi industry dan otomasi industri serta aspek lain yang berhubungan dengan pengembangan dan inovasi teknologi industry.

3. MANAJEMEN INDUSTRI

Bidang kekhususan ini lebih menitikberatkan pada kemampuan pengembangan keahlian untuk memanfaatkan pendekatan teknik industry untuk penciptaan dan peningkatan nilai system usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insane dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis.

STAF PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng
  2. Prof. Dr. Ir Yuwaldi Away, M.Sc
  3. Prof. Dr. Khairil, MT
  4. Dr, Ir. Hasan Yudhi Sastra, DEA 
  5. DR, Ir. M. Dirhamsyah, MT
  6. Dr. Syaiful Huzni, ST, M.Sc
  7. Dr. Iskandar, ST, M.Eng.Sc
  8. Dr. Ir. Husni Usman, M.Eng.Sc
  9. Dr. Ir. M. Iqbal, MT
  10. Dr. Ir. Rizal Munadi, MM, MT
  11. Dr. Mukhlis Yunus, MSI
  12. Dr. Muhammad Adam MBA
  13. Dr. Arhami, ST, MT
  14. Dr. Arhami, ST, MT
  15. Dr. Taufik Abdul Gani, ST, M.Eng.Sc
  16. Dr. Ir Muhammad Zaki, M,Sc

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya pendaftaran calon mahasiswa baru program magister Teknik Industri Rp. 500.000
Biaya Matrikulasi Rp. 1.500.000
SPP Rp. 5.000.000/Semester
Biaya pembangunan Rp. 1.500.000

Alamat Sekretariat

Magister Teknik Industri Fakultas Teknik. Jl Tgk. Syeh Abdurrauf No 7 Darussalam, Banda Aceh, Indonesia. Email: mtiunsyiah@gmail.com