Profil Magister

Profil Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Gedung MAPProgram Studi Magister Administrasi Pendidikan merupakan salah satu program Magister jenjang pendidikan professional pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, didirikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud Nomor: 417/DIKTI/Kep/2000 tanggal 18 Desember 2000 bernama Magister Manajemen Pendidikan. Program studi ini merupakan program S2 yang ke-lima di lingkungan Program Pascasarjana Unsyiah, dan Program Magister yang pertama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh. Tahun 2007 berubah nama menjadi Magister Administrasi Pendidikan (MAP), sesuai surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Nomor: 163/DIKTI/KEP/2007 tentang penataan dan kodifikasi Program Studi Perguruan Tinggi, dan Surat Keputusan Rektor Unsyiah Nomor: 402 tanggal 9 Juni 2008 tentang perubahan nama Program Studi di Lingkungan Universitas Syiah Kuala.
Izin operasional Penyelenggara Program studi Magister Administrasi Pendidikan diperoleh dengan Nomor: 145/DIKTI/KEP/2007 tanggal 21 September 2007 dan Nomor: 3851/D/T/K/N/2010 tanggal 20 Desember 2010. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala telah Terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 007/BAN-PT/Ak-VIII/S2/VII/2010, menyatakan bahwa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, terakriditasi peringkat B, dan berlaku lima tahun sejak tanggal 16 Juli 2010 sampai dengan 16 Juli 2015. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dari mulai terbentuk pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2015 memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 1.050 orang dan jumlah lulusan sebanyak 930 orang dengan IPK rata-rata 3,58.

Sasaran pencapaian visi dan misi dituangkan secara terperinci dalam renstra Prodi MAP PPs-Unsyiah 2012-2016 dan dijabarkan secara ringkas adalah sebagai berikut:

Akademik:
  1. Peningkatan daya saing Prodi MAP  dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu yang terstruktur dan berkesinambungan.
  2. Pengembangan kehidupan akademik yang dilandasi nilai jujur, moral, etika, kreatif dan inovatif.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan lokal, nasional dan global.
Penelitian:
  1. Menumbuhkembangkan budaya penelitian sebagai dasar pelaksanaan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan ilmu pengetahuan administrasi dan manajemen pendidikan.
  2. Pengembangan penelitian yang bersifat interdisipliner dan
Pengabdian pada Masyarakat:
  1. Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggungjawab sosial demi kepentingan masyarakat.
  2. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual di masyarakat.
Kompetensi Lulusan:
  1. Peningkatan kompetensi lulusan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang administrasi pendidikan.
  2. Peningkatan kompetensi lulusan sehingga terampil, bermoral dan beretika dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kajian administrasi pendidikan.
  3. Peningkatan kemampuan lulusan dalam pengambilan keputusan yang dilandasi cara berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.

Strategi pencapaian visi dan misi dituangkan secara terperinci dalam Renstra Prodi MAP PPS-Unsyiah 2012-2016 dengan penjabaran secara ringkas adalah sebagai berikut:

Bidang Akademik:
  1. Menerapkan sistem penerimaan mahasiswa yang bermutu dengan mengutamakan prestasi akademik dan kesetaraan akses, serta memperhatikan kompetensi, transparansi, dan akuntabilitas.
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang relevan dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif serta mendorong terwujudnya interaksi akademik yang bermoral dan beretika.
Bidang Penelitian:
  1. Merencanakan dan mengarahkan penelitian administrasi pendidikan bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan pendidikan, dan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara pero­rangan, kelompok, ataupun kelembagaan.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian kompetitif yang bersinergi dengan instansi, institusi penelitian, serta pemerintah-swasta.
  3. Mengembangkan sistem penghargaan yang memadai bagi segenap sivitas akademika untuk mendorong terciptanya lingkungan penelitian yang kondusif.
  4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa Prodi MAP PPs-Unsyiah dalam semua kegiatan penelitian sebagai pemenuhan persyaratan akademik, arena pembelajaran, aktualisasi kompetensi bidang keilmuan, dan pengembangan pribadi.
  5. Penelitian diarahkan untuk perolehan hak patent, pengembangan industri, penyelesaian masalah-masalah publik dan pengembangan budaya bangsa, pengembangan hasil karya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara arif dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan.
  6. Mendorong, memberdayakan, dan memfasilitasi peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian melalui Pertemuan Ilmiah. Seminar Internasional, prosiding, jurnal nasional dan jurnal internasional.
Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat:
  1. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian administrasi pendidikan kepada masyarakat lewat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi terutama untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Pelayanan jasa dan konsultasi yang saling menguntungkan pada masyarakat, lembaga pemerintah dan swasta, dalam skala lokal, nasional, dan global
  3. Melibatkan mahasiswa dan alumni secara aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyaraka
Kompetensi Lulusan:
  1. Meningkatkan mutu manajemen akademik yang dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu Akademik Prodi MAP PPS-Unsyiah.
  2. Menerapkan kurikulum Prodi MAP berbasis kompetensi yang relevan terhadap kebutuhan stakeholder.
  3. Meningkatkan suasana akademik dengan penyediaan fasilitas ICT serta dengan proses perkuliahan dan bimbingan yang interaktif, kreatif dan inovatif.
  4. Melibatkan mahasiswa Prodi MAP PPs-Unsyiah pada penelitian dosen, seminar, kajian ilmiah, dan pengabdian masyarakat.