Profil Magister

Profil Program Studi

13239320_10206201403936322_2237521611459609294_n-1Program Studi Magister Teknik Kimia (Prodi MTK) didirikan dalam rangka membantu pemenuhan sumberdaya manusia berkualitas tingkat pascasarjana baik pada sektor industri, institusi pendidikan dan riset, maupun sektor pemerintahan. Program ini secara resmi dibuka mulai tanggal 28 September 2004 berdasarkan Izin Penyelenggara dari Direktur Jenderal Perguruan Tinggi No. 3856/D/T/2004 dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2005. Pada awalnya Prodi MTK menawarkan hanya 2 (dua) bidang kajian, yaitu Teknologi Proses dan Teknologi & Manajemen Lingkungan. Untuk menyiasati perubahan pengembangan agroindustri, maka pada tahun 2009 Prodi MTK menambah bidang kajian baru, yaitu Teknologi Proses Agroindustri yang didesain untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki kemampuan material dan teknis handal yang mampu memenuhi tuntutan globalisasi di bidang agroindustri. Hingga saat ini, Prodi MTK Unsyiah telah memberikan arti yang sangat penting bagi pembangunan nasional khususnya dalam rangka membangun Provinsi Aceh, karena telah melahirkan lulusan magister yang telah berkiprah dalam pembangunan daerah.

 Struktur Pimpinan Magister Teknik Kimia

Str-Mtk

Milestone Program Studi Magister Teknik Kimia

milestone-mtk-2015

 

Visi Program Studi

Menjadikan Prodi MTK Unsyiah sebagai komunitas akademik terkemuka dalam bidang teknik kimia dengan penekanan pada riset dan rekayasa industri kimia pada tahun 2025.

Misi Program Studi

Untuk mewujudkan visinya, Prodi MTK Unsyiah mempunyai misi:

  • Mempersiapkan lulusan yang memiliki keahlian profesional dalam bidang Teknik Kimia.
  • Menyelenggarakan dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya pengembangan ilmu dan teknologi berbasis sumber daya lokal.
  • Menjadi feeder center dalam memecahkan masalah-masalah industri kimia, agroindustri dan lingkungan.
Tujuan Program Studi
  • Membekali mahasiswa dengan keahlian penunjang profesi sebagai akademisi, konsultan, manajer/birokrat, dan peneliti.
  • Mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk artikel di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  • Memberikan advance knowledge yang dibutuhkan untuk melakukan inovasi teknologi dalam memecahkan masalah-masalah industri kimia, agroindustri dan lingkungan.
Sasaran Program Studi
  • Mengembangkan kurikulum dan sistim evaluasinya yang berbasis kompetensi dengan muatan lokal, nasional dan regional yang sesuai keinginan pasar dan stakeholder.
  • Mengembangkan metode mengajar dengan sistim multimedia berbasis IT.
  • Mengembangkan laboratorium berbasiskan potensi lokal
  • Mengembangkan manajemen program studi ke sistim manajemen informasi.
  • Mengembangkan laboratorium, penelitian dan peer group peneliti yang berbasis sumber daya alam lokal untuk meningkatkan penguasaan ilmu dan teknologi sertta nilai tambah produk.
  • Peningkatan jumlah jejaring penelitian skala nasional dan internasional.