• KLIK DISINI !!! KUNJUNGI WEBSITE MAGISTER ILMU HUKUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA. TERBARU DAN UPDATE

 

Lahirnya Program Pendidikan Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) S2 Ilmu Hukum USU-Unsyiah diawali melalui proses kerjasama antara Dekan Fakultas Hukum Unsyiah dengan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara yang akhirnya melahirkan perjanjian kerja sama antara Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara dengan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Nomor: 1172/J11-DN/1999 tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) S2 Ilmu Hukum USU-Unsyiah. Perjanjian tersebut ditandatangani pada tanggal 26 July 1999 di Kampus Unsyiah Darussalam Banda Aceh oleh Dr. Ir. Sumono, M.S., Direktur Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara dan Prof. Dr. Ir. Abdi A.Wahab, M.Sc., Koordinator Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, sedangkan pengelolaan program dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Unsyiah.

Perjanjian tersebut dibuat sejalan dengan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama yang telah ditandatangani sebelumnya tanggal 25 Juni 1997 di Kampus USU Medan oleh Rektor USU dan Rektor Unsyiah.

Sejak Juli 2003 Program Pendidikan Kegiatan  Pengumpulan Kredit (KPK) S2 Ilmu Hukum  USU-Unsyiah berubah statusnya menjadi sebuah Program Studi yang mandiri sesuai dengan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No. 1437/D/T/2003 tanggal   9 Juli  2003, dan sekarang sudah diperpanjang dengan Surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 4364/D/T/2006 tanggal 27 November 2006, dan diperpanjang lagi dengan Surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1112/D/T/K-N/2010 tanggal 14 Januari 2010. Terakhir dengan SK No. 14554/D/T/K-N/2013 tanggal 13 Februari 2013. Program Studi telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan Surat Keputusan Bandan Akreditasi Nasional Program Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 046/SK/BAN-PT//Akred/M/I/2014 tanggal 24 Januari 2014.

 

PROFIL PIMPINAN

 

Koordinator Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah, Dr. Mohd. Din, S.H., M.H. lahir di Desa Rawe Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 1964, menyelesaikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Unsyiah Darussalam Banda Aceh Pada tahun 1989, Magister Ilmu Hukum Pada PPs UI Jakarta tahun 1996, selanjutnya Doktor Ilmu Hukum pada PPs UNPAD Bandung pada tahun 2010. Perjalanan karier Dr. Mohd. Din, S.H., M.H. dimulai dari menjadi dosen Fakultas Hukum Unsyiah pada tahun 1990, pernah diperbantukan menjadi Ketua Laboratorium Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNSYIAH pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2012. Pada masa BRR Aceh pernah menjadi Anggota LDM (Law Development Management) pada tahun 2008. kemudian, sebelum dipercaya menjadi Koordinator Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah, Dr. Mohd. Din, S.H., M.H. juga pernah dipercayakan menjadi Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Hukum Unsyiah.

 
 

Sekretaris Prodi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah, Dr. Mujibussalim, S.H., M.Hum. lahir di Banda Aceh pada tanggal 2 September 1962, menyelesaikan Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Unsyiah Darussalam Banda Aceh pada  tahun 1998, menyelesaikan pendidikan Magister Ilmu Hukum tahun 2000 dan Doktor Ilmu Hukum  tahun 2009 pada Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Perjalanan karier Dr. Mujibussalim, S.H., M.Hum dimulai dari menjadi dosen Fakultas Hukum Unsyiah pada tahun 1990, Pernah menjabat sebagai Sekretaris Prodi Ilmu Politik FISIP Unsyiah, kemudian diangkat sebagai Ketua Bagian Hukum Internasional pada Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. Selain tugas-tugas di atas, juga penah berpartisipasi sebagai DPL KKN, SP4 Universitas, Asesor Penelitian pada Lemlit Unsyiah, UNIMAL dan USU Medan, Juga mendapat kepercayaan sebagai Anggota TPJAD, dan hingga kini menjabat Sekretaris pada Program Studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Terwujudnya Program Studi Magister Ilmu Hukum yang terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan hukum, penelitian dan pengabdian melalui pengembangan sumber daya manusia yang bermoral tinggi, memiliki sikap profesional dan berkualitas pada tahun 2017.

 
  1. Mewujudkan pendidikan ilmu hukum untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas pascasarjana dan mampu melaksanakan penelitian dan pengabdian;
  2. Menghasilkan lulusan yang professional dan bertanggung jawab secara etik, dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan;
  3. Meningkatkan lulusan yang mampu menerapkan, mengembangkan, inovatif dan mampu menyelesaikan masalah- masalah dalam bidang hukum.

 

  1. Terselenggaranya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dalam bidang ilmu hukum yang berkualifikasi pascasarjana;
  2. Terselenggaranya pendidikan hukum untuk menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu hukum sesuai dengan perkembangan IPTEK dan Kesadaran hukum masyarakat;
 

No : 046/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2014