Berita Terkini Magister Kimia

IMG-20160112-WA004

Magister Kimia PPs Unsyiah Mewisuda 5 Alumni Perdana

Sejak dibuka pada tahun 2013, Magister Kimia Semester Ganjil TA 2015/2016 telah melaksanakan sidang perdana untuk 5 orang mahasiswa. Kelima mahasiswa tersebut 2 laki-laki dan 3 perempuan dengan nama-nama sebagai berikut: Irwan, M.Si Fitriani, M.Si Salfauqi Nurman, M.Si Mahmudi, M.Si Mutia Faridha, M.Si Meski telah menyelesaikan studi di magister kimia, namun tidak dapat mengikuti Yudisium […]

7670888_orig

Pengumuman Untuk Mahasiswa PPs Angkatan 2015

Diberitahukan Kepada Seluruh Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Tahun Angkatan 2015, Bahwa Jadwal Pendaftaran Ulang dan Pembayaran Biaya Pendidikan akan dimulai Pada Tanggal 23 Januari – 6 Februari 2016, dan Jadwal Pengisian KRS On-Line dan konsultasi dosen wali pada tanggal 06 – 13 Februari 2016. Demikian Informasi ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerjasamanya […]

Panduan Akademik

Panduan Akademik PPs Unsyiah

Baca

Kaleder Akademik

Jadwal Perkulihan PPs Unsyiah

Baca

Brosur Akademik

Brosur Akademik PPs Unsyiah

Baca

Kontak MKIM

Hubungi Kami melalui Email

Baca

Profil Magister

Profil Akademik

MKIM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi bertaraf S2 di Provinsi Aceh yang berbasis pendalaman keilmuan kimia murni. Bidang-bidang kajian yang ditawarkan pada MKIM ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat. Lulusan MKIM akan menjadi investasi berharga bagi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional melalui penguasaan keilmuan yang lebih baik. Penguasaan keilmuan yang lebih baik juga akan memfasilitasi peningkatan pelayanan berbagai profesi pendidikan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pemahaman keilmuan yang lebih baik secara langsung akan mengefisiensikan proses transfer keilmuan. Salah satu cara peningkatan pemahaman ini adalah melalui berbagai penelitian.

Penelitian akan menjadi salah satu bagian yang penting dalam proses pendidikan di MKIM. Penelitian-penelitian yang akan dilakukan difokuskan pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam lokal. Penelitian mengenai potensi sumber daya alam lokal yang unik di Aceh, membuka kesempatan yang sangat luas bagi MKIM untuk menjadi salah satu pusat penelitian sumber daya alam terbaik di Sumatera. Penelitian yang dilakukan diharapkan mampu menjadi sumber pembaharuan dan solusi bagi pengelolaan sumber daya alam untuk kemajuan bangsa. Temuan dasar di bidang kimia akan mendukung temuan baru dalam bidang industri, pertanian, kesehatan, infrastruktur, maupun sosial ekonomi secara luas. Hasil dari sederetan proses ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan daya saing bangsa.

Visi dan Misi

Visi

 “Menjadi salah satu pusat pendidikan dan riset kimia terbaik di Indonesia yang berbasis kepada pemanfaatan sumber daya alam lokal pada Tahun 2025”.

Misi

Menghasilkan lulusan S2 yang berkualitas dan memiliki: integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat.

Profil Pimpinan

Ketua Program Studi

Foto Ketua Program Studi Magister KimiaKetua Program Studi Magister Kimia, Dr. Saiful, M.Si. Lahir di Beureungang 22 September 1969. Tahun 1994 beliau menyelesaikan pendidikan sarjana Strata 1  di Perguruan Tinggi ITS Surabaya - Fakultas Mipa – Jurusan Kimia dan melanjutk
an gelar Magister di perguruan tinggi ITB Bandung dengan bidang Kimia Analitik. Selanjutnya tahun 2007 beliau melanjutkan studi di University of Twente Belanda dengan bidang ilmu Pemisahan Analitik dan Teknologi Membran.

Perjalanan karir Dr. Saiful, M.Si dimulai pada tahun 1994 sebagai Dosen Kimia Analitik di Jurusan Kimia - Fakultas Mipa - Universitas Syiah Kuala. Tahun 1999-2002 beliau diamanahkan menjadi Kepala Laboratorium Kimia Analitik dan tahun 2007-2008 kepala Laboratorium Kimia Instrumen. Tahun 2007 sampai sekarang beliau dipercaya menjabat sebagai Direktur Unit Pelayanan Analisa dan Konsultasi Kimia dan tahun 2009-2010 menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Kimia - FMIPA sebelum menjadi Kepala Program Studi Magister Kimia Pada tahun 2013 sampai dengan sekarang.

Sekretaris Program Studi

Foto Sekretaris Prodi Magister Kimia

Sekretaris Program Studi Magister Kimia Dr. rer. nat Ilham Maulana, S.Si. Lahir di Blang Uyok 06 Maret 1975. Saat ini tercatat sebagai salah satu dosen di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala. Ia merupakan generasi keempat yag terdaftar sebagai mahasiswa pada jurusan tersebut. Setelah lulus sarjana dengan predikat pujian (Cumlaude) pada tahun 1997, ia diangkat sebagai dosen di jurusan itu setahun kemudian. Pada tahun 2001 ia berhasil memperoleh beasiswa dari pemerintah Jerman (DAAD) untuk melanjutkan sekolah ke Universitaet Leipzig, Leipzig, Jerman. Setelah menyelesaikan pendidikan doctor (S3), ia kemudian mendaftar sebagai peneliti (postdoc) di The Australian National University, Canberra Australia.

Perjalan karir Dr. rer. nat Ilham Maulana, S.Si dimulai pada tahun 1998 sebagai dosen Kimia Anorganik di Jurusan Kimia - Fakultas Mipa - Universitas Syiah Kuala dan Tahun 2006 sampai sekarang diamanahkan menjadi Kepala Laboratorium Anorganik. Beliau dipercaya menjadi Kepala Humas Unsyiah pada tahun 2013 sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Magister Kimia hingga sekarang.

Profil Sejarah

Sejarah Magister Kimia

Program Studi Magister Kimia (MKIM) berdiri pada tahun 2013 tepatnya berdasarkan KepMendikbud No.97/E/O/2013 tertanggal 12 April 2013. MKIM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi bertaraf S2 di Provinsi Aceh yang berbasis pendalaman keilmuan kimia murni. Bidang-bidang kajian yang ditawarkan pada MKIM ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat. Lulusan MKIM akan menjadi investasi berharga bagi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan baik ditingkat nasional maupun di dunia internasional melalui penguasaan keilmuan yang lebih baik. Penguasaan keilmuan yang lebih baik juga akan memfasilitasi peningkatan pelayanan berbagai profesi pendidikan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pemahaman keilmuan yang lebih baik secara langsung akan mengefisiensikan proses transfer keilmuan. Salah satu cara peningkatan pemahaman dan transfer keilmuan ini adalah melalui berbagai penelitian.

Tujuan Magister Kimia

Tujuan
  1. Mengembangkan penelitian dan menjadi mitra bagi masyarakat dalam bidang kimia, yang diprioritaskan pada pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam lokal.
  2. Menfasilitasi terciptanya perubahan di masyarakat melalui penelitian dan pengabdian sebagai kontribusi bagi pengembangan daerah;
  3. Mendorong terciptanya lapangan kerja baru sebagai tindak lanjut implementasi hasil penelitian.
  4. Meningkatkan pelayanan profesi pada bidang Kimia melalui peningkatan penguasaan pengetahuan ilmu Kimia.
Alamat Lengkap

Gedung C Program Pascasarjana Lantai II, Jl. Tgk. Chiek Pante Kulu No. 5, Darussalam, Banda Aceh 23111
E-mail: magisterkimia@fmipa.unsyiah.ac.id
Website: www.pps.unsyiah.ac.id/mkim