SILABUS PERKULIAHAN

SILABUS PERKULIAHAN PROGRAM STUDI MAGISTER KIMIA
SEMESTER 1   SEMESTER 2
Kode Mata Kuliah SKS   Kode Mata Kuliah SKS
MKM 201 Manajemen Laboratorium 2 (2 – 0) MKM 301 Metodologi Penelitian 2 (2 – 0)
MKM 601 Spektroskopi Molekul 2 (2 – 0) MKM 602 Analisis Struktural Senyawa Kimia 2 (2 – 0)
MKM 603 Reaksi Kimia Organik 2 (2 – 0) Pilihan 8
MKM 522 Teknik Pemisahan Lanjut 2 (2 – 0)
MKM 607 Reaksi Kimia Anorganik 2 (2 – 0)
MKM 609 Metabolisme Energi 2 (2 – 0)
  Total 12   Total 12

 

SEMESTER 3   SEMESTER 4
Kode Mata Kuliah SKS Kode Mata Kuliah SKS
MKM 701 Kapita Selekta 2 (0 – 2) MKM 704 Tesis 6 (0 – 6)
MKM 703 Proposal Tesis 2 (0 – 2)
Pilihan 6
  Total 10   Total 6

 

MATA KULIAH PILIHAN UMUM   MATA KULIAH PILIHAN BIDANG PENELITIAN NON-HAYATI
Kode Mata Kuliah SKS Kode Mata Kuliah SKS
MKM 519 Kromatografi 2 (2 – 0) MKM 306 Kimia Polimer 2 (2 – 0)
MKM 611 Kimia Hijau 2 (2 – 0) MKM 509 Kimia Material 2 (2 – 0)
MKM 613 Kimia dan Kehidupan 2 (2 – 0) MKM 516 Analisis Elektrometri 2 (2 – 0)
MKM 615 Teknik Laboratorium 2 (2 – 0) MKM 524 Kimia Koordinasi 2 (2 – 0)
MKM 525 Bioanorganik 2 (2 – 0)
MATA KULIAH PILIHAN BIDANG PENELITIAN HAYATI MKM 527 Kimia Katalis 2 (2 – 0)
Kode Mata Kuliah SKS MKM 528 Sintesis Kimia Anorganik 2 (2 – 0)
MKM 503 Sintesis Kimia Organik 2 (2 – 0) MKM 529 Mineralogi 2 (2 – 0)
MKM 505 Teknik Bioassay 2 (2 – 0) MKM 604 Teknik Analisa Khusus 2 (2 – 0)
MKM 511 Kimia Organik Bahan Alam 2 (2 – 0) MKM 606 Kimia Membran 2 (2 – 0)
MKM 514 Teknologi Fermentasi 2 (2 – 0) MKM 608 Nanokimia 2 (2 – 0)
MKM 517 Teknik Penelitian Biokimia 2 (2 – 0) MKM 610 Kinetika Kimia 2 (2 – 0)
MKM 617 Rekayasa Genetika 2 (2 – 0) MKM 612 Analisis Kimia Lingkungan 2 (2 – 0)
MKM 619 Bioinformatika 2 (2 – 0)
MKM 621 Teknologi Enzim 2 (2 – 0)
MKM 623 Analisis Kimia Tumbuhan 2 (2 – 0)
MKM 625 Kimia Bahan Makanan 2 (2 – 0)

DAFTAR PRASYARAT KURIKULUM PROGRAM MAGISTER ILMU KIMIA

Mata Kuliah Pada Kurikulum Prasyarat
Kode Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah
MKM 703 Proposal Tesis MKM 301 Metodologi Penelitian
MKM 702 Tesis MKM 703 Proposal Tesis

Catatan:

Mahasiswa yang akan mengambil bidang penelitian tertentu (misalnya hayati atau non hayati) harus sudah lulus mata kuliah pilihan sesuai bidang minimum 8 SKS.

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Wajib

Manajemen Laboratorium

MKM 201

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini selain dirancang untuk mengembangkan kompetensi kognitif, juga dirancang untuk mengembangkan kemampuan manajemen, khususnya di laboratorium. Materi yang diajarkan mencakup keselamatan dan keamanan laboratorium, manajemen pembelian dan penyimpanan bahan dan peralatan kimia, serta perancangan laboratorium.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan standar keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium kimia. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu mendisain laboratorium kimia secara umum.

Spektroskopi Molekul

MKM 601

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah spektroskopi molekul membahas tentang atom dan foton, gelombang dan partikel, mekanika kuantum dari sistem sederhana, prinsip mekanika kuantum, harmonik osilator, momentum sudut, atom hidrogen, atom helium, struktur atom, ikatan kimia, teori orbital molekul, simetri, spektroskopi molekul.
Reaksi Kimia Organik

MKM 603

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas mekanisme reaksi dalam kimia organik yang meliputi reaksi substitusi nukleofilik (SN1 dan SN2), Substitusi elektrofilik (E1 dan E2), reaksi-reaksi lain seperti adisi, oksidasi, eliminasi dan reaksi interkonversi gugus fungsi.
Teknik Pemisahan Lanjut

MKM 522

SKS 2 (2 – 0)

Materi mata kuliah ini mencakup dasar-dasar pemisahan analitik, senyawa kompleks dalam pemisahan analitik, pemisahan dengan metode fisiko kimia (ekstraksi pelarut, kromatografi, membran cair emulsi dan berpendukung) dan elektroforesis.
Reaksi Kimia Anorganik

MKM 607

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas tentang struktur, mekanisme reaksi dan sintesis senyawa kompleks, serta aplikasinya dalam sintesis dan reaksi senyawa organologam, reaksi fotokimia serta reaksi-reaksi kimia anorganik dalam sistem biologi.
Metabolisme Energi

MKM 609

SKS 2 (2 – 0)

Materi mata kuliah difokuskan pada bagaimana sel dapat menghasilkan energi dari biomolekul  karbohidrat, protein dan lemak. Memahami proses bagaimana sel menghasilkan energi sangat menarik karena dapat diaplikasikan dalam proses konversi energi melalui proses biokimia.
Metodologi Penelitian MKM 301

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini merupakan prasyarat sebelum mengambil mata kuliah Proposal Tesis. Materi yang disampaikan membahas perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif, penyusunan hipotesis, metode eksperimen untuk menjawab hipotesis, teknik pengumpulan data, populasi dan sampel, skala pengukuran dan instrumensi, analisis data secara statistik, serta penulisan proposal penelitian.
Analisis Struktural Senyawa Kimia

MKM 602

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang cara analisis senyawa organik dan anorganik menggunakan teknik 1D-NMR (1H,13C, DEPT, Noe-diff), 2D-NMR (COSY, NOESY, HMQC, HMBC), Mass spektroskopi (MS), SEM dan XRD.
Kapita Selekta

MKM 701

SKS 2 (0 – 2)

Pada mata kuliah Kapita Selekta, mahasiswa membahas beberapa jurnal mutakhir (5 tahun terakhir) yang berkaitan dengan bidang penelitian tesis yang akan dikerjakan. Pembahasan beberapa jurnal dirangkum dalam sebuah karya tulis ilmiah dan dipresentasikan dalam sebuah seminar.
Proposal Tesis

MKM 703

SKS 2 (0 – 2)

Pada mata kuliah ini, mahasiswa melakukan dan merangkum studi literatur, merencanakan penelitian, menuliskan rencana penelitian dalam bentuk proposal dan menyajikannya dalam sebuah seminar. Proposal tesis merupakan prasyarat sebelum mahasiswa melakukan penelitian untuk tesisnya.
Tesis

MKM 704

SKS 6 (0 – 6)

Pada mata kuliah ini, mahasiswa  melakukan penelitian di laboratorium, di lapangan atau gabungan keduanya dengan dibimbing oleh dua orang dosen. Penelitian yang dilakukan didasarkan atas proposal penelitian yang telah disetujui sebelumnya. Hasil penelitian dilaporkan secara ilmiah dalam bentuk tesis. Mahasiswa  selanjutnya mengikuti ujian komprehensif untuk mempertahankan hasil penelitian di depan para penguji.
 Mata Kuliah Pilihan
Kromatografi

MKM 519

SKS 2 (2 – 0)

Matakuliah ini membahas pemisahan senyawa organik dengan aplikasi kromatografi mencakup kromatografi kertas, kromatografi kolom, kromatogarfi lapis tipis preparatif, kromatografi cair kinerja tinggi preparatif, kromatografi gas.
Kimia Hijau

MKM 611

SKS 2 (2 – 0)

Ilmu Kimia memiliki banyak dampak positif pada masyarakat, seperti pengembangan obat-obatan dan banyak materi yang kami ambil untuk diberikan, seperti plastik, kosmetik, cat dan coating. Banyak item kita bergantung pada datang pada biaya lingkungan. Kimia hijau mempertimbangkan manusia dan lingkungan sekitar  kita  dan lingkungan global ketika merancang sebuah reaksi kimia, percobaan, atau proses. Tujuan utama dari kimia hijau adalah pencegahan polusi. Materi kuliah Kimia Hijau yaitu pengantar kimia hijau, 12 prinsip kimia hijau, energi terbarukan,  biodiesel dan karakterisasi biodiesel, bioplastik dan biopolimer, penggunaan kembali, keamanan pangan, atom ekonomi,  dan  katalis serta studi kasus.

 

Kimia dan Kehidupan

MKM 613

SKS 2 (2 – 0)

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep kimia yang ada dalam setiap sisi kehidupan sehari-hari. Pembahasan terbatas hanya pada tatanan konsep umum serta mekanisme sederhana zat-zat kimia yang akrab dengan kehidupan manusia. Beberapa fokus pembahasan adalah tentang kimia dalam tubuh, makanan dan minuman, obat-obatan, bahan pembersih, kosmetik, dan sebagainya.
Teknik Laboratorium

MKM 615

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar pengukuran, teori kesalahan, analisis regresi, dan penggunaan parameter analisis kimia dalam rancangan percobaan, aspek pengukuran (batas deteksi, sensitivity, selectivity, reproducibility, validity) dan cara mengolah hasil analisis.

 

Sintesis Kimia Organik

MKM 503

SKS 2 (2 – 0)

Materi mata kuliah ini membahas tentang pendekatan sintesis berdasarkan diskoneksi gugus fungsi, strategi dalam sintesis, sinton dan reagen, sintesis senyawa aromatik, amina, alkena, radikal. Materi matakuliah juga membahas tentang penataan ulang dalam reaksi sintesis, fotokimia dalam sintesis, reaksi perisiklik dalam sintesis dan reaksi aromatik heterosiklik.
Teknik Bioassay

MKM 505

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas tentang Crown Gall Tumours pada media kentang dan uji Breine Shrimp, uji aktivitas antifungal, metode skrining untuk antibakterial pada tumbuhan tingkat tinggi, uji antikanker, uji antimalarial, uji aktivitas molluscicidal, cercaricidal, chistosomicidal dan piscicidal, teknik skrining untuk interaksi tanaman-insekta, metoda essay untuk aktivitas antihepatotoksik, uji aktivitas pharmakologikal : uji non-spesifik, organ kultur dan manipulasi.
Kimia Organik Bahan Alam

MKM 511

SKS 2 (2 – 0)

Pembahasan materi dalam matakuliah ini mencakup penggolongan senyawa organik bahan alam yang meliputi (terpenoid, steroid, alkaloid, saponin, flavonoid, kumarin) serta kaitannya dengan biosintesis dan biogenesis. Pembahasan jurnal yang terkait dengan penelitian kimia organik bahan alam.
Teknologi Fermentasi

MKM 514

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini disediakan bagi mahasiswa yang tertarik mendalami atau menggunakan teknik fermentasi dalam penelitian tesisnya. Materi yang akan diajarkan mencakup kinetika pertumbuhan mikrobial, mikroorganisme industri, formulasi media fermentasi, sterilisasi, disain fermenter. Mahasiswa nantinya juga diminta mempresentasikan jurnal terbaru terkait fermentasi.
Teknik Penelitian Biokimia

MKM 517

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas beberapa teknik yang sering digunakan di penelitian bidang biokimia, dengan fokus pada protein. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai metode isolasi protein (ekstraksi, sentrifugasi, presipitasi, dialisis), pemurnian protein (kromatografi: size-exclusion, ion-exchange, hydrophobic, high-performance liquid chromatography, elektroforesis: SDS-PAGE, Western blotting, isoelectric focussing) dan analisis struktur protein (NMR, XRD dan EM).
Rekayasa Genetika

MKM 617

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang dasar-dasar rekayasa genetika mencakup metode isolasi dan pemurnian DNA, sekuensing DNA, cloning (PCR: prinsip, desain primers, metodologi, identifikasi produk dan aplikasi), ekspresi gen, rekombinan DNA dalam prokariot (vektor dan enzim), dan aplikasi teknologi DNA untuk produksi bahan farmasetika.
Bioinformatika

MKM 619

SKS 2 (2 – 0)

Database biomolekul, khususnya protein dan DNA, berkembang sangat pesat. Mata kuliah ini  diharapkan dapat membuat mahasiswa memahami struktur database, menggali informasi yang dibutuhkan menggunakan tools yang tersedia, melakukan analisis statistik terhadap data dan menginterpretasi hasil yang diperoleh.
Teknologi Enzim

MKM 621

SKS 2 (2 – 0)

Penggunaan enzim sebagai biokatalis pada berbagai proses industri semakin sering digunakan. Karena itu mata kuliah ini membahas struktur, mekanisme, kinetika dan regulasi enzim. Selain itu, materi terkait aspek klinis enzimologi dan aplikasi enzim di industri juga akan didiskusikan.
Analisis Kimia Tumbuhan

MKM 623

SKS 2 (2 – 0)

Materi kuliah ini mencakup metode pengambilan dan penanganan contoh tumbuhan, Uji fitokimia, metode analisis tumbuhan (teknik pemisahan senyawa dalam tumbuhan), pembahasan jurnal yang terkait dengan senyawa dari tumbuhan.
Kimia Bahan Makanan

MKM 625

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas pengaruh karbohidrat, protein, lipid, vitamin dan mineral terhadap sifat fisiko kimia bahan makanan. Selain itu, cara analisis proksimat bahan makanan, pengaruh aktifivitas air terhadap daya simpan bahan makanan serta kandungan zat aditif dan zat racun dalam bahan makanan juga akan disampaikan.

 

Kimia Polimer

MKM 306

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah kimia polimer membahas lebih lanjut tentang teknik modern dalam sintesis polimer secara kimia, yaitu dengan cara polimerisasi radikal bebas, pembukaan cincin yang berbeda polikondensasi mutakhir, serta aplikasinya menjadi material polimer yang bersifat termoplastik dan termoset, karet kinerja tinggi, komposit, serat, dan laminating.
Kimia Material

MKM 509

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah kimia material merupakan mata kuliah pilihan bidang kimia fisika. Materi yang dipelajari mencakup definisi material kristal, biomaterial, polimer, material berpori, komposit, self-assembly, fotonik dan elektronik, nanomaterial, desain dan rekayasa material, serta trend penelitian material masa kini.
Analisis Elektrometri

MKM 516

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang terminologi reaksi cepat dan lambat serta kurva arus potensial. Penentuan eksperimental kurva arus-potensial, prinsip kerja dan metode pengukuran potensiometri dengan elektrode selektif, elektrogravimetri, kulometri, dasar-dasar voltametri, berbagai teknik polarografi, voltametri siklis, kronopotensiometri, kronoamperometri, analisis impedansi.
Kimia Koordinasi

MKM 524

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah kimia koordinasi mempelajari tentang konsep ikatan koordinasi dalam senyawa kompleks, sifat-sifat senyawa kompleks, penggolongannya, pendekatan sintesa, serta karakterisasi senyawa kompleks.
Bioanorganik

MKM 525

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas peranan senyawa logam dalam sistem biologi, struktur protein, mekanisme proses pengangkutan oksigen oleh myoglobin, enzim nitrogensi, senyawa anorganik sebagai obat serta studi DNA menggunakan senyawa anorganik.
Kimia Katalis

MKM 527

SKS 2 (2 – 0)

Materi mata kuliah ini mencakup sifat-sifat dan jenis-jenis katalis, preparasi katalis, metode karakterisasi dan teknik uji katalis untuk riset dan industri.
Sintesis Kimia Anorganik

MKM 528

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah sintesa kimia anorganik ini mempelajari tentang konsep dasar desain senyawa anorganik, karakterisasi senyawa anorganik, sinergi antara bidang ilmu lain dengan kimia anorganik dalam sintesis senyawa anorganik. Selain itu mata kuliah ini juga menelusuri perkembangan terkini trend sintesa kimia anorganik.
Mineralogi

MKM 529

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini pengertian dan asal usul minerologi, jenis dan klasifikasi mineral, muatan dan senyawa ionik dalam mineral, struktur, ikatan mineral dan kristalografi, sifat fisik dan kondisi asam basa pada mineral, pemanfaatan dan aplikasi meneral, sumberdaya alam minerologi.
Teknik Analisa Khusus

MKM 604

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas konsep analisis kimia serta aplikasinya. Pembahasan difokuskan pada pengenalan berbagai teknik analisis khusus meliputi analisis injeksi alir (FIA), metoda termal (TGA, DTA, DSC), kromatografi superkritik, tetrasi bebas air, analisis gas, teknik gabungan (ICP-ES, ICP-MS, GC-MS).
Kimia Membran

MKM 606

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah kimia membran membahas tentang proses pemisahan, proses membran, definisi dan klasifikasi membran, pembuatan membrane sintetik, transportasi pada membran, fenomena polarisasi dan fouling, design modul dan proses.
Nanokimia

MKM 608

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas tentang senyawa kimia nano. Memaparkan sisi kereaktifan serta sifat-sifat kimia lainnya dari senyawa kimia nano. Beberapa pendekatan aplikatif juga akan dibahas secara luas. Selanjutnya materi-materi tersebut akan dibandingkan dengan kecenderungan perkembangan studi senyawa kimia nano dalam beberapa tahun terakhir.
Kinetika Kimia

MKM 610

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah kinetika kimia membahas tentang hukum empiris reaksi, metode pengukuran dan pengolahan data kinetik, teori tabrakan, teori keadaan transisi, mekanisme reaksi, reaksi kompleks, reaksi berantai, fotokimia, sonokimia, katalis homogen, katalis heterogen, reaksi enzimatis.
Analisis Kimia Lingkungan

MKM 612

SKS 2 (2 – 0)

Mata kuliah ini membahas mengenai strategi dan metode pengukuran dan analisis parameter Kimia Lingkungan mencakup air, air limbah, udara ambient, gas buang, dan tanah. Metode sampling dan prosedur preparasi dalam analisis sampel. Prosedur umum untuk penyimpanan dan perlakukan sampel uji kualitas lingkungan mencakup air, udara, debu, sedimen, tanah dan tumbuhan.