Profil Magister

PROFIL SEJARAH

Program Studi Magister Kimia (MKIM) berdiri pada tahun 2013 tepatnya berdasarkan KepMendikbud No.97/E/O/2013 tertanggal 12 April 2013.  MKIM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi bertaraf S2 di Provinsi Aceh yang berbasis pendalaman keilmuan kimia murni. Bidang-bidang kajian yang ditawarkan pada MKIM ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat. Lulusan MKIM  akan menjadi investasi berharga bagi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan baik ditingkat nasional maupun di dunia internasional melalui penguasaan keilmuan yang lebih baik. Penguasaan keilmuan yang lebih baik juga akan memfasilitasi peningkatan pelayanan berbagai profesi pendidikan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan  pemahaman keilmuan yang lebih baik secara langsung akan mengefisiensikan proses transfer keilmuan. Salah satu cara peningkatan pemahaman dan transfer keilmuan ini adalah melalui berbagai penelitian.

Profil Akademik

MKIM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi bertaraf S2 di Provinsi Aceh yang berbasis pendalaman keilmuan kimia murni.  Bidang-bidang kajian yang ditawarkan pada MKIM ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat. Lulusan MKIM  akan menjadi investasi berharga bagi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional melalui penguasaan keilmuan yang lebih baik. Penguasaan keilmuan yang lebih baik juga akan memfasilitasi peningkatan pelayanan berbagai profesi pendidikan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan  pemahaman keilmuan yang lebih baik secara langsung akan mengefisiensikan proses transfer keilmuan. Salah satu cara peningkatan pemahaman ini adalah melalui berbagai penelitian.

Penelitian akan menjadi salah satu bagian yang penting dalam proses pendidikan di MKIM. Penelitian-penelitian yang akan dilakukan difokuskan pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam lokal. Penelitian mengenai potensi sumber daya alam lokal yang unik di Aceh, membuka kesempatan yang sangat luas bagi  MKIM untuk menjadi salah satu pusat penelitian sumber daya alam terbaik di Sumatera. Penelitian yang dilakukan diharapkan mampu menjadi sumber pembaharuan dan solusi bagi pengelolaan sumber daya alam untuk kemajuan bangsa. Temuan dasar di bidang kimia akan mendukung temuan baru dalam bidang industri, pertanian, kesehatan, infrastruktur, maupun sosial ekonomi secara luas. Hasil dari sederetan proses ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan daya saing bangsa.

Visi

Menjadi salah satu pusat pendidikan dan riset kimia terbaik di Indonesia yang berbasis kepada pemanfaatan sumber daya alam lokal pada Tahun 2025”.

Misi

Menghasilkan lulusan S2 yang berkualitas dan memiliki: integritas, daya inovatif dan jiwa entrepreneurship, serta standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan kimia yang kuat.

Tujuan
  1. Mengembangkan penelitian dan menjadi mitra bagi masyarakat dalam bidang kimia, yang diprioritaskan pada pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam lokal.
  2. Menfasilitasi terciptanya perubahan di masyarakat melalui penelitian dan pengabdian sebagai kontribusi bagi pengembangan daerah;
  3. Mendorong terciptanya lapangan kerja baru sebagai tindak lanjut implementasi hasil penelitian.
  4. Meningkatkan pelayanan profesi pada bidang Kimia melalui peningkatan penguasaan pengetahuan ilmu Kimia.