Profil Magister

Profil Sejarah

Gedung MM2Program Studi Magister Manajemen  (Prodi Magister Manajemen) Universitas Syiah Kuala didirikan 19 (Sembilan belas) tahun yang lalu berdasarkan SK Dirjen Dikti, Depdikbud No. 360/DIKTI/Kep 18 Agustus 1995. Komitmen untuk memberikan inspirasi dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM yang mempunyai keunggulan bersaing, baik di tingkat Regional maupun Nasional.

Program Studi Magister Manajemen merupakan salah satu program S2 yang ada di Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs Universitas Syiah Kuala) dengan motto Source of Excellence. Kehadiran Program Studi Magister Manajemen untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha untuk mempersiapkan tenaga manajerial yang profesional bidang manajemen. Di samping itu Program Studi ini juga mempersiapkan tenaga-tenaga akademisi yang ingin melanjutkan studi tingkat Doktor dalam bidang manajemen.

Program Studi Magister Manajemen terakreditasi dengan peringkat “Baik” (B) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, sesuai dengan Surat Keputusan BAN PT No: 183/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 tanggal 28 Juni 2014. Selain itu Program Studi Magister Manajemenmemiliki tenaga pengajar yang mempunyai kompetensi dan integritas yang tinggi dalam bidangnya baik yang berasal dari Universitas Syiah Kuala maupun Universitas lainnya di Indonesia dan luar Negeri, Program Studi ini juga memiliki Jurnal Manajemen dan Bisnis yang terakreditasi dengan Nomor: 02/DiktiKep/2002 dengan peringkat “Baik”. (dalam proses perbaikan).

Program Studi Magister Manajemen telah menghasilkan 1.616 lulusan dengan mahasiswa aktif sampai dengan bulan Januari 2016 sebanyak 242 orang. Dibandingkan dengan program studi lain di Universitas Syiah Kuala, minat calon mahasiswa Program Studi Magister Manajemen tergolong tinggi dan menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pemberlakuan 5 hari kerja mendorong Program Studi untuk membuka kelas Jum’at, Sabtu dan Sabtu malam, sehingga membantu calon mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri sesuai dengan bidangnya. Secara umum calon mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala terdiri dari staf pengajar, para pegawai Pemda, BUMN serta pegawai Swasta lainnya.

Profil Akademik

Program Studi Magister Manajemen menawarkan 2 (dua) bidang Kosentrasi yang terdiri dari Manajemen Umum dan Manajemen Pemasaran. Kurikulum awal Program Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala direncanakan dan dirancang oleh Panitia Persiapan Program Magister Manajemen dengan mengkombinasikan muatan–muatan mata kuliah sekolah bisnis manajemen dan bisnis yang berjenjang Pascasarjana dan bertaraf nasional dan internasional. Dalam kurikulum tersebut juga dimasukkan dimensi global dalam beberapa mata kuliah.

Struktur dan isi kurikulum Program Studi Magister Manajemen yang ditawarkan dan total kredit yang harus diambil untuk memperoleh gelar Magister Manajemen sebanyak 50 SKS dengan komposisi sebagai berikut:

  1. Mata kuliah wajib yang merupakan mata kuliah yang diperlukan dalam pemahaman dan aplikasi ilmu manajemen sebanyak 36 SKS.
  2. Mata kuliah pilihan untuk konsentrasi Manajemen Umum diharuskan memilih  9 SKS.
  3. Mata kuliah pilihan untuk konsentrasi Manajemen Pemasaran diharuskan memilih 9 SKS.
  4. Tugas akhir dan ujian komprehensif  sebanyak 5 SKS.

Kadar kematangan intelektual dan kreativitas mahasiswa dalam  kurikulum Program Studi Magister Manajemen tercermin dari mata kuliah  penelitian/penulisan tesis. Mata kuliah ini memerlukan bimbingan dosen yang terstruktur sehingga proses pematangan intelektual mahasiswa lebih baik. Disisi lain juga terlihat nilai intelektualitas mahasiswa Magister Manajemen dalam beberapa kegiatan diskusi/seminar. Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala mengacu kepada Peraturan Pemerintah No. 60  tahun 1999 tanggal 24 Juni 1999 tentang pendidikan tinggi dan SK Mendiknas No. 0686/U/1991 tanggal 30 Desember 1991 tentang pedoman pendirian Perguruan Tinggi. Kurikulum Program ini didasarkan kepada SK Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000.

Program Studi Magister Manajemen dalam menjalankan kegiatan akademik berpedoman pada buku Panduan Administrasi Akademik dan Kode Etik yang dikeluarkan oleh Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dan buku panduan akademik serta panduan penulisan Tesis yang dikeluarkan oleh Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan cara studi perbandingan dengan beberapa kurikulum Program Magister Manajemen yang telah mapan seperti Program Magister Manajemen UI, UGM, dan di negara tetangga seperti Malaysia, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan University Sains Malaysia (USM). Berbagai masukan dari hasil studi komperatif ini didiskusikan dan diintegrasikan ke dalam kurikulum Program Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala. Program Magister Manajemen melibatkan staf pengajar dan pimpinan jurusan manajemen, pimpinan Pascasarjana serta stakeholder lainnya  untuk melakukan perbaikan melalui lokakarya menyesuaikan kurikulum serta memperbaruinya menurut perkembangan dan permintaan pasar dan perubahan lingkungan bisnis. Pengembangan kurikulum ini bertujuan untuk menyesuaikan materi yang diberikan dengan tuntutan pasar tenaga kerja. Dengan demikian output yang dihasilkan oleh Program Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala akan lebih mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional sesuai dengan tuntutan globalisasi.

Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu Program Studi yang mendidik mahasiswa untuk menjadi salah seorang yang memiliki kemampuan dibidang manajemen dan bisnis, hal ini dapat dilihat dari mata kuliah yang ditawarkan, seperti : Manajemen dan Organisasi. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diberi wawasan  untuk mematangkan kadar intelektual dan kreativitas, dengan memberikan studi kasus yang merupakan salah satu keharusan mahasiswa dalam menyikapi persoalan yang ada dalam suatu Instansi/Organisasi, dan kemudian di diskusikan dalam ruangan kelas yang dipandu oleh dosen yang membidangi mata kuliah tersebut. Sesuai dengan sasaran dan tujuan yang diharapkan oleh Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala, para alumni harus mampu menjadi lulusan yang handal yang mampu mengembangkan pemikiran yang inovatif untuk menjadi panutan sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi. Sehingga output yang dihasilkan oleh Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala dapat berkembang selaras dengan Visi dan Misi.

Visi Program Studi

Menjadikan Program Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala sebagai lembaga pendidikan manajemen dan bisnis yang menghasilkan manager profesional yang berkualitas dan berintegritas tinggi terhadap pembangunan bangsa, terkemuka di Indonesia dan dikenal di dunia Internasional

Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Manajemen dan bisnis yang memiliki kemampuan konsep, analitik dan inovatif dalam memecahkan masalah–masalah manajemen dan bisnis untuk menunjang pembangunan daerah dan nasional.
  2. Mendidik tenaga profesional yang memiliki kemampuan dalam menerapkan konsep manajemen dan bisnis kontemporer secara baik dalam bentuk riset yang layak publikasi di jurnal ilmiah maupun kerja sama lainnya, dan sebagai penyedia informasi, transformasi dan pengkajian bisnis terbaik serta mampu membuat keputusan manajerial yang menjunjung tinggi integritas, moral dan etika keilmuan.
Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala adalah menghasilkan lulusan tenaga profesional berjenjang Magister yang memiliki:

  1. Kemampuan untuk mengembangkan bidang keilmuan yang mandiri dan secara berkelanjutan melaksanakan penelitian inovatif berkadar aplikatif dan layak dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional.
  2. Kemampuan untuk memecahkan masalah manajemen dan bisnis serta dapat memformulasikan strategi organisasi.
  3. Komitmen untuk terus mengembangkan diri sebagai pelopor perubahan manajerial yang terdepan dalam masyarakat madani yang dinamis.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat daerah dan nasional.
  5. Menghasilkan kwantitas dan kwalitas penelitian dan pengabdian serta publikasi yang berorientasi internasional.
  6. Meningkatkan dan menciptakan iklim akademik yang kondusif antara dosen dan mahasiswa serta meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian dosen.

Alamat Lengkap, Email, Telp, Fax

Program Studi Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala, Jl. Tgk. Syech Abdul Rauf Darussalam – Banda Aceh.
Telp. (0651) 7407938, 7428365, 7551390, Fax. (0651) 7551389,
e-mail: mm.pps@unsyiah.ac.idhttp://mm.unsyiah.ac.id