Berita Terkini MPBSI

7670888_orig-1-436x272

Pengumuman Untuk Mahasiswa PPs Angkatan 2015

Diberitahukan Kepada Seluruh Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Tahun Angkatan 2015, Bahwa Jadwal Pendaftaran Ulang dan Pembayaran Biaya Pendidikan akan dimulai Pada Tanggal 23 Januari – 6 Februari 2016, dan Jadwal Pengisian KRS On-Line dan konsultasi dosen wali pada tanggal 06 – 13 Februari 2016. Demikian Informasi ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerjasamanya […]

Panduan Akademik

Panduan Akademik PPs Unsyiah

Baca

Kaleder Akademik

Jadwal Perkulihan PPs Unsyiah

Baca

Brosur Akademik

Brosur Akademik PPs Unsyiah

Baca

Kontak MPBSI

Hubungi Kami melalui Email

Baca

Profil Magister

Profil MPBSI

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Prodi MPBSI PPs Unsyiah) didirikan pada tanggal 9 Juli 2003 berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 1436/D/T/2003. Saat itu izin diberikan untuk Program Studi Pendidikan Bahasa (PB) yang terdiri atas dua konsentrasi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris. Pada tahun 2007, Prodi MPB ini dipisah menjadi dua program studi yang berdiri sendiri, yaitu  Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) dan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI). Beban SKS untuk menyelesaikan studi pada Prodi MPBSI berkisar antara 44-45 SKS, termasuk penelitian dan tesis. Lulusan program studi ini bergelar akademik Magister Pendidikan disingkat dengan M.Pd.

Sejak manajemen terpisah, Prodi MPBSI terus berbenah diri. Salah satu hal yang dilakukan adalah menguasahakan sarana dan prasarana, misalnya ruang kantor dan ruang belajar.  Sarana kantor diperoleh di gedung utama PPs Unsyiah dan ruang belajar diizinkan menggunakan Ruang 7 dan satu ruang di gedung utama. Prasarana lainnya secara bertahap terus diadakan dengan menggunakan dana yang ada. Kondisi terakhir MPBSI sangat menggembirakan. Hal ini dilihat dari segi kelengkapan sarana dan prasarana maupun dana operasional. Kelengkapan sarana pembelajaran seperti meja dan kursi dosen, kursi belajar mahasiswa, papan tulis, dan infocus di kelas telah tersedia. Ketika akan mengajar, dosen hanya menghubungkan komputernya ke infocus. Tentang dana operasional dapat dikatakan juga tidak ada masalah, hanya saja sedikit terkendala dalam hal pencairannya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa proses belajar-mengajar  (PBM) pada Prodi MPBSI berjalan lancar.

Profil Pimpinan

Ketua Program Studi

Foto Ketua ProdiRajab Bahry lahir di Blangkejeren tahun 1955 (tepatnya tanggal 12 bulan Rajab). Dia menyelesaikan pendidikan di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) Atu Guhe, Blangkejeren tahun 1967. Pada tahun 1968 orang tuanya pindah dari Blangkejeren ke Kutacane sehingga dia tidak bisa melanjutkan sekolah dan baru melanjutkan sekolah di PGAN 6 tahun di Kutacane tahun 1969 dan tamat tahun 1974. Pada tahun 1975-1978 dia menjadi guru honorer di PGAN 6 tahun Kutacane dan tahun 1977 dia mengikuti tes menjadi guru SD, tetapi dia tidak lulus. Sejak itu dia berusaha untuk kuliah lagi dan baru pada bulan Juli 1979 dia kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia FK Unsyiah, Banda Aceh dan lulus tahun 1983. Tahun 1985 dia diangkat menjadi dosen FKIP Unsyiah pada Jurusan Bahasa Indonesia. Sebelum menjadi dosen, dia melanjutkan S-2 tahun 1984-1987 di IKIP Jakarta. Setelah itu dia kembali mengajar di Unsyiah dan kemudian meneruskan kuliah lagi S-3 ke IKIP Bandung dan lulus 2000. Pada tahun 2003–2007 ditugasi menjadi Sekretaris Prodi Bahasa PPs Unsyiah, selaiu itu, setelah Tsunami, dia ditugasi menjadi Plh. Kepala Balai Bahasa Banda Aceh sejak 2005 sampai 2008. Pada tahun 2012-sekarang ditugasi  menjadi Ketua Prodi MPBSI dan tahun 2015 yang lalu juga ditugasi menjadi Koordinator Progran Di Luar Domisil (PDD) Unsyiah di Gayo Lues.

Buku-buku yang sudah dihasilkannya di antaranya Kamus Umum Bahasa Gayo-Indonesia terbit 2011, Saman: Kesenian dari Tanah Gayo terbit 2014 , dan Tata Bahasa Gayo terbit 2015. Sekarang sedang mendapat tugas dari Badan Bahasa untuk membuat Kamus Budaya Gayo. Selain kegiatan akademik, dia aktif sejak muda menjadi anggota Saman Gayo dan pernah menjadi pemain saman (1) anggota saman dalam peringatan HUT ke-30 RI 1975 di Jakarta, (2) anggota saman dalam Festival Tari Rakyat I se-Indonesia 1977 di Jakarta, (3) anggota saman dalam Festival Jakarta 1978 di Jakarta, (4) anggota saman Jakarta sejak 1984–1987,  (5) anggota saman Muhibah Seni Unsyiah 2012 di Hawai, dan (6) sekarang menjadi pengajar tari Saman di Prodi Sendratsik FKIP serta sering menjadi pembicara dalam seminar Saman dan juri festival Saman.

Dia menikah dengan Dra. Emiyarni M. Nur pada tangga 6 Juli 1990 dan dikaruniai empat orang anak, yaitu Ridwan Yusuf Bahry (lahir 19 Juni 1991), Ricky Hidayat Bahry (lahir 19 Juni 1992), Dewi Emillia Bahry (lahir 19 September 1993), dan Ryan Taufik Bahry (lahir 7 Juli 1999 dan meninggal 6 Desember 1999). Dia sampai sekarang bertugas di FKIP Unsyiah Banda Aceh, sementara keluarganya tinggal di Ciamnggis, Depok, Jawa Barat.

Sekretaris Program Studi

Foto Sekretaris ProdiDr. Ramli, M.Pd. dilahirkan di Aceh Utara, 31 Desember 1963,   merupakan anak keempat dari enam bersaudara. Ayahnya bernama Tgk. Gadeng Jailani (alm.), ibunya bernama Tgk. Anisah Ahmad. Tahun 1970 ia memasuki jenjang pendidikan dasar, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Buloh Beureughang, kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara dan lulus tahun 1975.  Pada 1976 ia memasuki jenjang pendidikan menengah, yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Lhokseumawe dan lulus tahun 1979 dan pada tahun yang sama ia juga menamatkan SMPN Blang Ara, kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Tahun berikutnya, 1979, ia memasuki pendidikan guru agama (PGAN) di Lhokseumawe dan tamat tahun 1982. Tahun 1982 ia melanjutkan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan tamat tahun 1987. Di samping kuliah pada FKIP, pada tahun 1983 ia sempat kuliah selama empat semester pada Jurusan Bahasa Inggris (TEN), IAIN Jamiah Arraniry, Banda Aceh. Tahun 1993 ia menamatkan program Magister Pendidikan pada Program Pascasarjana IKIP Bandung. Tahun 2009 ia menamatkan Program Doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa pada PPs Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ramli menikah  dengan Yusnidar Dahlan  tahun 1990 dan dikaruni seorang putra, Ahmad Nubli Gadeng, lahir di Langsa, 8 Pebruari 1992 (alumni Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP Unsyiah, sekarang sedang menempuh pendidikan S-2 pada prodi yang sama di UPI Bandung). Alamat: Kompleks Perumahan Dosen Unsyiah, Desa Blang Krueng, Aceh Besar.

Karya ilmiah yang pernah dipublikasi dalam  majalah terakreditasi adalah “Pemahaman Informasi Pembangunan Masyarakat Desa (majalah MLI Jakarta, 2004). Karya berupa buku yang sudah dipublikasi: (1) Jenis dan Fungsi Humor dalam Masyarakat Aceh, diterbitkan oleh Pusat Bahasa Jakarta, tahun 1994; (2) Analisis Nilai Pendidikan dan Budaya dalam Sastra Lisan Masyarakat Kluet, diterbitkan oleh Pusat Bahasa Jakarta, tahun 1995; dan (3) Analisis Nilai Pendidikan dan Budaya dalam Sastra Lisan Masyarakat Gayo, diterbitkan oleh Pusat Bahasa Jakarta, tahun 1996, (4) Pendidikan Kota Langsa: Catatan Capaian Dalam Menoreh Prestasi, diterbitkan oleh LPP Alkahfi, tahun 2012, (5) Fungsi dan Peran Banleg DPR Aceh diterbitkan Cefsiar, tahun 2012, (6) Pendidikan Politik Perempuan dalam Perspektif Aceh Kekinian, diterbitkan Cefsiar, tahun 2013, (7) Profil Muhammadiyah Aceh, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Muhammadiyah Aceh, tahun 2014, dan (8) Satu Abad Muhammadiyah Aceh, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Aceh, tahun 2015.

Kepedulian dalam bidang pendidikan, baik yang sudah maupun yang sedang ia dilakukan, yaitu (1) Membuka Program Studi Pendidikan Bahasa  (S-2) pada PPS Unsyiah tahun 2005, (2) Mendirikan Fakultas Psikologi pada Unmuha, tahun 2004, (3) Mendirikan Madrasah Aliyah Buloh Beureughang, kecamatan Kuta Makmur, kabupaten Aceh Utara, tahun 2003, (4) Mendirikan SMP Buloh Beureughang, kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, tahun 1994; (5) Mendirikan Madrasah Tsanawiyah Buloh Beureughang, Kuta Makmur, Aceh Utara, tahun 2005, (6) Mendirikan SMP Satu Atap di desa Sido Mulyo, Kuta Makmur, Aceh Utara, tahun 2008, dan (7) Mendirikan Taman Kanak-Kanak Alkahfi di desa Krueng Seupeng, Kuta Makmur, Aceh Utara, tahun 2006. Sekarang sedang merintis pendirian Sekolah Menengah Kejuruan di kecamatan yang sama.

Pada Tahun 1988 ia diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil pada FKIP Unsyiah, dan tahun 1989 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan golongan/pangkat III/a (Asisten Ahli Madya). Sekarang ia menduduki jabatan fungsional Lektor Kepala dengan golongan/pangkat IV-b (Pembina Tingkat I). Jabatan yang dipercayakan kepadanya sekarang adalah Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI), Program Pascsarjana, Universitas Syiah Kuala (2012-2016).

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Program Studi

Kompetensi prodi dirumuskan dengan tujuan Prodi MPBSI PPs Unsyiah, pimpinan dan seluruh staf harus memiliki komitmen yang tinggi dan strategi yang baik untuk mencapai sasaran. Komitmen dan strategi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas, khususnya untuk pihak sekolah atau perguruan tinggi;
  2. Kemampuan mengondisikan minat meneliti di kalangan staf pengajar dan mahasiswa dan memublikasikan hasil penelitian melalui jurnal ilmiah, baik jurnal ilmiah nasional maupun jurnal ilmiah internasional;
  3. Kemampuan menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar tenaga kerja;
  4. Kemampuan menyediakan sarana penunjang pendidikan yang memadai, baik untuk kebutuhan proses belajar mengajar maupun penelitian;
  5. Kemampuan membentuk peergroup penelitian untuk menghasilkan produk penelitian yang dapat menunjang percepatan pembinaan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  6. Kemampuan memperbarui kualifikasi tenaga pengajar;
  7. tersedianya sejumlah dana pendamping atau beasiswa yang dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan mahasiswa;
  8. Kemampuan menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan pemerintah dan praktisi pendidikan dalam rangka memajukan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Visi Prodi MPBSI PPs Unsyiah adalah mencetak magister pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang kreatif, inovatif, responsif, dan apresiatif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta publikasi ilmiah berbasis ilmu, moral, dan etika dalam bidang pendidikan  bahasa dan sastra Indonesia.

Misi

Misi Prodi MPBSI PPs Unsyiah adalah sebagai berikut

  1. menghasilkan magister pendidikan yang memiliki kompetensi yang memadai di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  2. menghasilkan produk penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  3. menjalin kerja sama dengan berbagai elemen terkait untuk mendukung peningkatan kompetensi lulusan dan ketersediaan sumber daya yang unggul.
Tujuan

Tujuan Prodi MPBSI PPs Unsyiah adalah sebagai berikut:

  1. menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. menjadikan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai pusat penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang layak dipublikasikan
  3. menjadikan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang peduli dan aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Alamat Program Studi

Alamat

Jalan Tgk. Chik Pante Kulu No. 5, Darussalam, Banda Aceh, 23111 HP 08128197255; 081360913747,
E-Mail: mpbsippsunsyiah@gmail.com