Silabus Perkuliahan

Unduh Silabus Perkuliahan MPIPA

Unduh

Dosen Pengajar

Unduh Profil Dosen Pengajar MPIPA

Unduh

Panduan Akademik

Unduh Panduan Akademik PPs Unsyiah

Unduh

Kalender Akademik

Unduh Kalender Akademik PPs Unsyiah

Unduh

dsc_0127-1024x680

dscn3765

dscn3767-1024x683

Profil Pimpinan

Ketua Program Studi

dr-abdul-gani-m-si-2Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPA PPs Unsyiah, Dr. Drs. Abdul Gani Haji, M.Si. lahir di Mns. Sukon Kecamatan Grong-grong Kabupaten Pidie Aceh 5 Desember 1966. Pada tahun 1990 beliau memperoleh gelar Drs pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala. Selanjutnya, tahun 1992 beliau melanjutkan studi Magister pada Program Studi Kimia Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, mendalami bidang Kimia Organik dan meraih gelar M.Si tahun 1995. Pada tahun 2002, beliau melanjutkan studi Doktor pada Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan(PSL) IPB Bogor, mendalami bidang Pengelolaan Pencemaran Lingkungan dan meraih gelar Dr tahun 2007. Perjalanan karir Dr. Drs. Abdul Gani Haji, M.Si. dimulai tahun 1991 sebagai dosen tetap pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Selanjutnya, pada tahun 1997-1999, beliau dipercaya sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Pada tahun 1999-2002, beliau dipercaya sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Pada tahun 2011-2015 dan 2015 sampai dengan sekarang, beliau dipercaya sebagai Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPA PPs Unsyiah.

Sekretaris Program Studi

dr-rini-safitri-m-si-2Sekretaris Program Studi Pendidikan IPA PPs Unsyiah, Dr. Rini Safitri, M.Si, lahir di Banda Aceh 25 April 1970. Tahun 1994 menjadi lulusan pertama Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah dan langsung mendapat kesempatan di tahun 1995 melanjutkan Pendidikan Magister bidang Fisika Medis di di Jurusan FIsika ITB dengan Beasiswa Unggulan URGE. Program Doktor diselesaikan di Medical Physics, School of Physics University Sains Malaysia (USM) tahun 2008 pada bidang Dosimetri Radiasi. Mendapat kesempatan short course di International Centre for Theoretitical Physics (ICTP) Trieste, Italia, bidang School of Nuclear Security tahun 2013.  Sejak tahun 2009 sampai sekarang menjadi anggota aktif di Badan Penjaminan Mutu Unsyiah, dan dipercaya mengelola Bidang Monitoring dan Evaluasi Internal serta Audit Internal Mutu Akademi (AIMA) BJM Unsyiah. Sebagai seorang saintis sangat mencintai laboratorium dan pernah dipercaya menjadi kepala Lab di Jurusan FMIPA salahsatunya Kepala Lab Fisika Dasar (2010-2013) dan kepala Lab Biofisika (2013-2015) dan aktif melaksanakan penelitian di bidang Fisika Medis bekerjasama dengan PKTMR (Pusat Keselamatan Teknologi Meterologi Radiasi) BATAN dan menjadi staf Ahli bidang Lingkungan pada Bapedalda Kotamadya Banda Aceh. Saat ini sesuai dengan komitmen beliau yaitu bekerja dengan hati maka dengan suka cita melaksanakan tugas menjadi Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan IPA periode bakti 2015-2019.

Capaian Pembelajaran
  • Memiliki etika, moral, dan kepribadian yang baik dalam penguasaan dan penerapan ilmu bidang IPA terpadu, fisika dan atau kimia.
  • Mengaplikasikan konsep dan prinsip dedaktik-pedagogis dan bidang keilmuan IPA terpadu, fisika, dan atau kimia untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, penerapan, dan evaluasi dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  • Merancang, melaksanakan penelitian, dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah bidang IPA terpadu, fisika dan atau kimia.
  • Menguasai konsep keilmuan bidang IPA terpadu, fisika, dan atau kimia dan pola pikirnya yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar, menengah, dan studi ke jenjang berikutnya.
  • Mengeuasai konsep dan prinsip dedaktik-pedagogis untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik bidang IPA terpadu, fisika, dan atau kimia.
  • Mengambil keputusan strategis dibidang IPA terpadu, fisika, dan atau kimia berdasarkan informasi dan data yang relevan.
  • Mengelola sumber daya pendidikan IPA terpadu, fisika, dan atau kimia, dan organisasi, serta mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan.
Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala telah Terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dengan Surat Keputusan No. 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 yang berlaku hingga Tanggal 18 Juni 2019.

Misi
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran dan penelitian bidang ke-IPA-an dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang mencerminkan masyarakat ilmiah.
  • Melaksanakan sistem pengajaran dan pembimbingan secara professional guna menghasilkan lulusan yang mandiri dan berkualitas.
  • Mewujudkan pengelolaan program studi dan pelayanan yang prima bagi mahasiswa,
  • Membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya menyediakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang ke-IPA-an.

Profil Program Studi

gedung-a-program-pascasarjana-unsyiah-1024x683Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA Jenjang Strata Dua (S2) secara resmi dibuka sebagai salah satu program studi dalam lingkungan Program Pascasarjaana Universitas Syiah Kuala sejak Bulan September tahun 2011. Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 ini ditetapkan perizinannya oleh Dirjen Dikti atas nama Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan suatu keputusan Nomor 212/E/O/E/2011  tanggal  21 September 2011. Selanjutnya, berdasarkan keputusan tersebut, program studi ini menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun 2011.

Lahirnya Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 di Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diawali proses usulan hibah yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui kegiatan Aliansi Program Pascasarjana antar Perguruan Tinggi (PT) dengan pendampingan oleh Perguruan Tinggi Pembina Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2010. Usulan tersebut diwujudkan dengan kucuran dana dari Dikti pada pertengahan tahun 2011 dengan memfasilitasi proses lahirnya Program Studi Pendidikan IPA. Berdasarkan fasilitas yang disediakan tersebut, telah menginspirasi terwujudnya Program Studi Pendidikan IPA secara resmi pada September 2011.  

Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diberi singkatan Program Studi MPIPA. Saat ini, Prodi MPIPA menyelenggarakan 3 (tiga) bidang pemusatan keahlian, yaitu:

  • Konsentrasi Pendidikan Fisika,
  • Konsentrasi Pendidikan Kimia, dan
  • Konsentrasi Pendidikan IPA.
Kompetensi Lulusan
  • Mampu merancang dan mengelola penelitian, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan ilmu pengetahuan alam guna memberikan solusi dan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik.
  • Mampu mengembangkan inovasi dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan alam yang relevan dan berkualitas melalui penelitian.
  • Mampu menggunakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pendidikan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk mengentaskan berbagai permasalahan pendidikan dan pembelajaran ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan ilmu pengetahuan alam atau multidisiplin.
  • Mampu mempublikasikan gagasan atau hasil penelitiannya dalam bidang ilmu pengetahuan alam bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan berguna bagi masyarakat.
Visi

Program Studi S2 Pendidikan IPA pada tahun 2025 menjadi program studi yang mandiri, unggul, dan terpandang baik tingkat nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, penerapan, dan pengembangan pembelajaran, serta penyebarluasan ilmu pendidikan IPA guna mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).