Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Mengacu kepada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar, penyelenggaraan pendidikan pada Prodi MTS menggunakan Sistem Kredit Semester.

Beban studi pada  Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester. Beban studi yang harus diselesaikan mahasiswa untuk pendidikan magister adalah sebanyak 36 SKS. Beban studi tersebut diselesaikan dalam jangka waktu 2 tahun atau 4 semester. Masa studi dapat ditempuh paling lama dalam waktu 5 tahun atau 10 semester.

Perkuliahan pada  Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diatur sebagai berikut:

  1. Perkuliahan diberikan oleh tim dosen dalam bentuk tatap muka, seminar kelas atau presentasi.
  2. Pemberian kuliah berpedoman pada Garis-garis Besar Pedoman Pengajaran (GBPP) dan Satuan Acuan Pengajaran (SAP) yang isinya disesuaikan dengan silabus.
  3. Kuliah hanya dapat diikuti oleh para mahasiswa yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai mahasiswa yang ditetapkan berdasarkan peraturan universitas.
  4. Kuliah hanya dapat diikuti oleh para mahasiswa yang telah mengisi rencana perkuliahan pada Kartu Rencana Studi (KRS) secara online maupun offline. Formulir tersebut disahkan oleh Dosen Pembimbing Akademik dan diserahkan kepada sekretariat prodi sebelum perkuliahan dimulai. Pembatalan keikutsertaan dalam perkuliahan hanya dapat dilakukan dengan persetujuan ketua prodi atas pertimbangan dosen pembimbing akademik.
  5. Jumlah mata kuliah yang boleh diikuti oleh seorang mahasiswa sesuai dengan besar beban SKS berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh prodi.
  6. Mahasiswa hanya dapat diperkenankan untuk mengikuti ujian akhir semester apabila telah mengikuti perkuliahan minimal 75% dari jumlah tatap muka pada mata kuliah tersebut. Mahasiswa yang tidak mampu memenuhi jumlah minimal tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk diberikan penilaian pada mata kuliah yang bersangkutan.