Pelantikan dan Serah terima Jabatan Direktur Program Pascasarjana Unsyiah

image_pdfimage_print

PPs Unsyiah, Kamis 06 November 2014, Rektor Universitas Syiah Kuala melantik direktur terpilih Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Periode 2014 – 2018 Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc menggantikan direktur yang lama Prof. Dr. Syamsul Rizal, pelantikan dilaksanakan di gedung AAC Dayan Daud Universitas Syiah Kuala pada pukul 09.00 WIB.

Pelantikan dihadiri oleh rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng, para pejabat rektorat, anggota senat, para dosen, dan tamu undangan

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng dalam sambutannya mengatakan, bahwa Universitas Syiah Kuala saat ini akan memasuki Kementerian yang baru, yaitu Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Untuk itu rektor menghimbau kesiapan seluruh civitas akademika untuk melakukan perubahan, baik di manajemen ataupun ke tingkat yang paling rendah untuk semakin meningkatkan kualitas manajemen dan pendidikan yg telah berlangsung.

Rektor Universitas Syiah Kuala sangat mengapresiasi Prof. Dr. Syamsul Rizal saat beliau menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana Periode 2010 – 2014, jumlah program studi yang ada pada saat awal mula beliau memimpin hanyalah berjumlah 14 Program Studi : 13 Program Magister; dan 1 Program Doktor, dan hari ini berkat kepemimpinan beliau, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala telah memiliki 33 Program Studi: dengan 27 Program Studi Magister; dan 6 Program Studi Doktor, jumlah program studi yang bertambah lebih dari 200 % dibanding Program Pascasarjana yang lalu.

Tantangan kedepan tentunya akan lebih berat bagaimana universitas ini bersama program pascasarjana dengan ketentuan baru, yaitu mahasiswa khususnya Program Doktor harus melakukan publikasi dijurnal standar Internasional. Rektor Juga menyampaikan kabar gembira, “Insyaallah dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera keluar izin untuk mendirikan program S3 di beberapa fakultas unsyiah, artinya mahasiswa lulusan magister universitas syiah kuala, dapat langsung melanjutkan studinya di Program Doktor di fakultasnya tersebut, Unsyiah melakukan reformasi untuk meningkatkan sumber daya manusia handal di bidang pendidikan, keuangan, penelitian, teknik, dan lain sebagainya.

Rektor Mengucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada Prof. Dr. Syamsul Rizal yang telah bekerja keras bahu membahu dengan seluruh civitas akademik sehingga menghasilkan jumlah program studi yang sangat signifikan, seluruh program studi yang ada di S1, kini hampir semuanya telah ada di S2, dan Insya Allah nantinya akan ada juga di S3, dengan demikian artinya kedepan Unsyiah akan dapat meningkatkan publikasi ilmiah dalam jumlah yang besar.

Sebelum menutup kata kata sambutan, rektor juga menyebutkan tantangan kedepan yang akan dihadapi Prof. Dr. Ir. Darusman sebagai direktur Program Pascasarjana Periode 2014 – 2018 untuk merangkul semua program studi yang telah ada, meningkatkan kualitas pendidikan, dan terus berpacu untuk meningkatkan publikasi, dan juga melakukan kerjasama lebih baik lagi dengan berbagai universitas universitas lain, lebih dari 50 Universitas di Indonesia yang telah menjalankan kerjasama dengan universitas Syiah Kuala untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Acara pelantikan ditutup dengan pembacaan do’a.

Posted in Berita Akademik.