PPs Unsyiah Menyelenggarakan Rapat Kerja 2017

image_pdfimage_print

Sare Aceh Besar, Rabu, 11 Januari 2017. Program Pascasarjana (PPs) Unsyiah dengan misi yang diembannya berupaya untuk (1) meningkatkan kualitas penyelenggaraan akademik, (2) meningkatkan kualitas penyelenggaraan penelitian, (3) meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat, dan (4) meningkatkan kompetensi lulusan yang berdaya saing tinggi. Dalam upaya menjalankan misinya tersebut, PPs Unsyiah mengevaluasi dan merancang program kerja tahunan melalui Rapat Kerja (Raker) tahun 2017 pada Rabu (11 Januari 2017) di Gedung Balai Pengembangan Pertanian, Sare dengan thema: “Mendorong inovasi PPs untuk mengantarkan Unsyiah menuju Badan Layanan Umum dan PTN-Badan Hukum”. Ketua Panitia (Ir. Sugianto, M.Sc., PhD) melaporkan bahwa Raker kali ini dihadiri oleh seluruh ketua Program Studi Multidisiplin yang dikelola oleh PPs antara lain (1) Doktor Ilmu Teknik, (2) Doktor Pendidikan IPS, (3) Doktor Matematika dan Aplikasi Sains, (4) Doktor Ilmu Pertanian, (5) Magister Administrasi Pendidikan, (6) Magister Ilmu Kebencanaan, (7) Magister Pendidikan IPA, (8) Magister Konservasi Sumberdaya Lahan, dan (9) Magister Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu. Saat membuka Raker, Direktur PPs Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Raker tahunan ini adalah untuk menyusun kembali rencana kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 dan menyamakan persepsi untuk melaksanakan program yang telah diusulkan untuk tahun 2017 ini. Darusman dalam arahannya mengingatkan kembali kepada seluruh peserta agar penyusunan program agar mengacu kepada visi dan misi Unsyiah dan PPs Unsyiah yang diarahkan kepada IMT (Inovatif, Mandiri, dan terkemuka). Selanjutnya, Darusman mengharapkan agar pembahasan Raker ini mengarahkan kepada rancangan kegiatan perioritas PPs Unsyiah ke depan (2018) yang berkaitan dengan terbitnya Peraturan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 12 Tahun 2016 tentng Pengelolaan Program Studi Pascasarjana Monodisipliner di Fakultas dalam lingkungan Unsyiah.

Di akhir Raker, Wakil Direktur I (Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng) merangkumkan komitmen utama PPs Unsyiah sebagai hasil raker : (1)  Semua PS di lingkungan PPs Unsyiah harus meraih adalah Akreditasi minimal dengan grade B di tahun 2018 dan A bagi PS yang saat ini terakreditas B. (2) PPs harus mengeluarkan publikasi pada journal internasional minimal 31 Publikasi (2017) dan 62 publikasi (2018). Berkaitan dengan hal tersebut, maka PPs Unsyiah telah merencanakan Program Unggulan antara lain:

Program Unggulan PS di lingkungan PPs Multidisiplin

    1. Workshop perubahan/penyesuaian Kurikulum KKNI
    2. Promosi PS ke stakeholder
    3. Publikasi internasional/Internasional Bereputasi
    4. Penguatan Double degree
    5. Penguatan Tracer alumni
    6. Pertukaran mahasiswa/dosen
    7. Reakreditasi/Akreditasi
    8. Peningkatan kerjasama
    9. Penyusunan database
    10. Penguatan publikasi internasional bagi mahasiswa

Program Unggulan PPs antara lain

    1. Akreditasi/Reakreditasi PS
    2. Penulisan artikel/penguatan penulisan artikel dan proof reading.
    3. Kuliah tamu
    4. Dokumentasi kegiatan yang tidak terdokumentasi

Banyak masukan yang diberikan oleh peserta dan hasil pembahasannya, selanjutnya dibahas dalam tim kecil oleh Tim Perumus. Wakil Direktur 1 menjelaskan pembahasan dalam Tim Kecil diarahkan kepada penentuan program perioritas PPs Unsyiah. Sebelum mengakhiri sambutannya pada saat penutupan Raker, Darusman mengharapkan kepada seluruh Ketua Prodi Multidisiplin untuk bekerja keras dan ikhlas dalam mewujudkan komitmen bersama untuk mencapai visi dan misi PPs Unsyiah kea rah institusi yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan publikasi berbasis moral dan etika (SHY, 2017).

Posted in Berita.