PPs Unsyiah Selenggarakan Rapat Kerja 2016

image_pdfimage_print

Program Pascasarjana (PPs) Unsyiah melakukan Rapat Kerja (Raker) tahun 2016 pada Senin (4 Januari 2016) di Gedung PPs Unsyiah dengan thema : “Dengan Rapat Kerja PPs Unsyiah tahun 2016, Kita Tingkatkan Kualitas Mutu Pelayanan”. Ketua Panitia (Ir. Sugianto, M.Sc., PhD) melaporkan bahwa Raker kali ini dihadiri oleh seluruh ketua Program Studi Magister (28 Prodi) dan 8 Ketua Program Doktor yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Saat membuka Raker, Direktur PPs Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Raker tahunan ini adalah untuk menyusun kembali rencana kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 dan menyamakan persepsi untuk melaksanakan program yang telah diusulkan untuk tahun 2016 ini. Darusman dalam arahannya mengingatkan kembali kepada seluruh peserta agar penyusunan program agar mengacu kepada visi dan misi Unsyiah dan PPs Unsyiah yang diarahkan kepada IMT (Inovatif, Mandiri, dan terkemuka). Selanjutnya, Darusman mengharapkan agar pembahasan Raker ini mengarahkan kepada rancangan kegiatan perioritas PPs Unsyiah ke depan (2017). Perkembangan PPs Unyiah saat ini sangat dinamis dan semakin berubah wajah setelah salah satu Prodi (Magister Ilmu Ekonomi) meraih status akreditasi A, dan kita terus mendorong untuk berubah ke arah yang lebih baik sehingga perlu dukungan dari semua. Kepada masing-masing Ketua Prodi diingatkan agar mampu membawa Prodi yang dipimpinnya ke arah lebih baik, terutama peningkatan nilai akreditasi dari setiap program studi yang ada.

Banyak masukan yang diberikan oleh peserta dan hasil pembahasannya dan diskusi pada Raker ini, selanjutnya dibahas dalam tim kecil oleh Tim Perumus. Asisten Direktur 1 (Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng) menjelaskan pembahasan dalam TimKecil diarahkan kepada penentuan program perioritas PPs Unsyiah melalui metode USG (Urgent, Serious, dan Growth) yang dijabarkan ke dalam 5 strategi utama antara lain :

  • Strategi 1 : Terbangunnya sistem manajemen Pendidikan Tinggi yang efektif dan efisien
  • Strategi 2 : Ketersediaan PT yang bermutu dan Relevan
  • Strategi 3 : Keterjangkauan, Kesetaraan, dan keterjaminan akses untuk memperoleh pendidikan tinggi
  • Strategi 4 : Mewujudkan PT yang otonom dan akuntabel
  • Strategi 5 : Interaksi PT dan Masyarakat.

Mengakhiri sambutannya pada saat penutupan Raker, Darusman mengharapkan kepada seluruh Ketua Prodi untuk bekerja keras dan ikhlas untuk membawa PPs mencapai visi dan misinya sebagai Program Pascasarjana yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan publikasi berbasis moral dan etika (SHY).

Posted in Berita.