Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 Tahun 1961 dan dikukuhkan oleh Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 1962. Lembaga perguruan tinggi ini diberi nama Syiah Kuala untuk mengenang seorang ulama cendekiawan muslim bernama Syekh Abdul Rauf yang bermukim dan mengembangkan pendidikan dayah (pesantren) di muara Krueng Aceh (Kuala Aceh) pada abad ke-17 M. Ulama cendekiawan tersebut lebih dikenal dengan nama Teungku Syiah Kuala.

Pada awal peresmiannya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Kolonel M. Jasin dalam kedudukan sebagai Pj. Presiden. Berikutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Drs. Marzuki Nyakman dalam kedudukan sebagai Ketua Presidium. Selanjutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Rektor, secara berturut-turut: Drs. A. Madjid Ibrahim; Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA; Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc; Dr. M. Ali Basyah Amin, M.A; Prof. Dr. Dayan Dawood, M.A; Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc,; dan sekarang ini Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A.

Pada awal peresmiannya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Kolonel M. Jasin dalam kedudukan sebagai Pj. Presiden. Berikutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Drs. Marzuki Nyakman dalam kedudukan sebagai Ketua Presidium. Selanjutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Rektor, secara berturut-turut: Drs. A. Madjid Ibrahim; Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA; Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc; Dr. M. Ali Basyah Amin, M.A; Prof. Dr. Dayan Dawood, M.A; Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc,; Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A dan sekarang ini Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng.

Saat ini, Universitas Syiah Kuala memiliki dua belas fakultas. Secara berurutan sesuai dengan tahun berdirinya, fakultas-fakultas tersebut adalah:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Kedokteran Hewan
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Pertanian
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  10. Fakultas Kelautan dan Perikanan
  11. Fakultas Kedokteran Gigi
  12. Fakultas Keperawatan

Program Pascasarjana Universitas Syiah (PPs Unsyiah) diawali terlebih dahulu dengan lahirnya beberapa program studi magister didirikan pada tahun 2002 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 256 Tahun 2002, Tanggal 2 Desember 2002. Sekarang ini PPs Unsyiah telah memiliki 34 program studi, terdiri atas 27 program studi magister (S2) dan 7 program doktor (S3). Secara berurutan sesuai dengan tahun berdirinya, program studi-program studi tersebut adalah

Program Studi Doktor :

  1. Doktor Ilmu Ekonomi

Program Studi Magister :

  1. Magister Ilmu Ekonomi
  2. Magister Manajemen
  3. Magister Ilmu Keperawatan
  4. Magister KSDL
  5. Magister Ilmu Hukum
  6. Magister Akutansi
  7. Magister Pendidikan Bahasa Inggris
  8. Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia
  9. Magister Teknik Kimia
  10. Magister Teknik Sipil
  11. Magister Teknik Elektro
  12. Magister Teknik Mesin
  13. Magister Pendidikan Olahraga
  14. Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner
  15. Magister PSPT
  16. Magister Ilmu Kebencanaan
  17. Magister Pendidikan Biologi
  18. Magister Matematika
  19. Magister Pendidikan IPA
  20. Magister Pendidikan Matematika
  21. Magister Administrasi Pendidikan
  22. Magister Agroekoteknologi
  23. Magister Agribisnis
  24. Magister Kimia
  25. Magister Teknik Industri
  26. Magister Biologi
  27. Magister Fisika
  28. Magister Teknik Industri Pertanian

Bagikan halaman ini