Profil Pascasarjana Unsyiah

header2Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 Tahun 1961 dan dikukuhkan oleh Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 1962. Lembaga perguruan tinggi ini diberi nama Syiah Kuala untuk mengenang seorang ulama cendekiawan muslim bernama Syekh Abdul Rauf yang bermukim dan mengembangkan pendidikan dayah (pesantren) di muara Krueng Aceh (Kuala Aceh) pada abad ke-17 M. Ulama cendekiawan tersebut lebih dikenal dengan nama Teungku Syiah Kuala.
 
Pada awal peresmiannya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Kolonel M. Jasin dalam kedudukan sebagai Pj. Presiden. Berikutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Drs. Marzuki Nyakman dalam kedudukan sebagai Ketua Presidium. Selanjutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Rektor, secara berturut-turut:  Drs. A. Madjid Ibrahim; Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA; Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc; Dr. M. Ali Basyah Amin, M.A; Prof. Dr. Dayan Dawood, M.A; Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc,; dan sekarang ini Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A.

Pada awal peresmiannya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Kolonel M. Jasin dalam kedudukan sebagai Pj. Presiden. Berikutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Drs. Marzuki Nyakman dalam kedudukan sebagai Ketua Presidium. Selanjutnya, Universitas Syiah Kuala dipimpin oleh Rektor, secara berturut-turut:  Drs. A. Madjid Ibrahim; Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA; Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc; Dr. M. Ali Basyah Amin, M.A; Prof. Dr. Dayan Dawood, M.A; Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc,; Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A dan sekarang ini Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng.

Saat ini, Universitas Syiah Kuala memiliki sembilan fakultas. Secara berurutan sesuai dengan tahun berdirinya, fakultas-fakultas tersebut adalah:

  1. Fakultas Ekonomi berdiri tahun 1959;
  2. Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Peternakan berdiri tahun 1960;
  3. Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat berdiri tahun 1961;
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berdiri tahun 1961;
  5. Fakultas Teknik berdiri tahun 1963;
  6. Fakultas Pertanian berdiri tahun 1964;
  7. Fakultas Kedokteran berdiri tahun 1982;
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berdiri tahun 1983; dan
  9. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik berdiri tahun 2009.
  10. Fakultas Kelautan dan Perikanan
  11. Fakultas Kedokteran Gigi
  12. Fakultas Keperawatan

Program Pascasarjana Universitas Syiah (PPs Unsyiah) diawali terlebih dahulu dengan lahirnya beberapa program studi magister didirikan pada tahun 2002 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 256 Tahun 2002, Tanggal 2 Desember 2002. Sekarang ini PPs Unsyiah telah memiliki 34 program studi, terdiri atas 27 program studi magister (S2) dan 7 program doktor (S3). Secara berurutan sesuai dengan tahun berdirinya, program studi-program studi tersebut adalah

 

 

01. Gedung A Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

DSCN3767

DSCN3751

A. VISI

Menjadi program pascasarjana yang inovatif, mandiri dan terkemuka dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan publikasi berbasis moral dan etika.

B. MISI

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan akademik.
  2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan penelitian sehingga layak publikasi baik nasional maupun internasional.
  3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi lulusan yang berdaya saing tinggi.

C. TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, beretika dan bermoral dalam penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menjadikan program pascasarjana yang berfungsi sebagai pusat penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang layak publikasi baik nasional maupun internasional.
  3. Menjadikan program pascasarjana yang peduli dan aktif dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat.

D. KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM MAGISTER

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode dan kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

E. KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM DOKTOR

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu dan teknologi baru di dalam bidang keahliannya melalui penelitian.
  2. Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian.
  3. Mempunyai kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya di bidang keahliannya.

 

UNIVERSITAS SYIAH KUALA
PROGRAM PASCASARJANA
Jalan. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam,
Banda Aceh 23111. Telp : (0651) 7407659, 7555110, Fax : (0651) 7551002.
Website: www.pps.unsyiah.ac.id