Satuan Penjaminan Mutu Program Pascasarjana Unsyiah

Profil SJM Unsyiah

Satuan Jaminan Mutu (SJM) Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala merupakan satu unit kerja di bawah Direktur Pascasarjana yang mempunyai tugas mengendalikan mutu akademik dan mutu pelayanan. Latar belakang pembentukan SJM adalah kesadaran akan pentingnya peningkatan mutu secara berkelanjutan guna meningkatkan daya saing yang semakin ketat antar perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya, SJM bekerjasama dengan Tim Pengendalian Mutu Akademik (TPMA) di program-program studi yang ada di lingkungan Program Pascasarjana dan berkoordinasi dengan Badan Penjaminan Mutu (BJM) Universitas Syiah Kuala.

Ketua SJM PPs Unsyiah

Dr. Hesti Meilina menjabat sebagai Ketua Satuan Jaminan Mutu (SJM) Program Pascasarjana Unsyiah sejak 19 September 2016. Dr. Hesti telah berkecimpung dalam Penjaminan Mutu di lingkungan Unsyiah sejak tahun 2010, dimana beliau pernah menjabat sebagai Tim Penjaminan Mutu Akademik (TPMA) Jurusan Teknik Kimia. Pada tahun 2011-2015 Dr. Hesti menjabat sebagai Tim Penjaminan Mutu Akademik di Prodi Magister Teknik Kimia. Disaat yang bersamaan, beliau juga menjabat sebagai anggota Badan Penjaminan Mutu (BJM) pada tahun 2012-2015 Bidang Akreditasi dan Pembukaan Prodi Baru. Pada tahun 2014 beliau diterima sebagai salah satu Assesor BAN-PT untuk Program Sarjana Teknik Kimia. Dr. Hesti Meilina menyelesaikan pendidikan Doktor di Bidang Quality Control menggunakan Near Infrared Spectroscopy dan Chemometrics, di Kobe University, Jepang pada tahun 2009. Pendidikan Strata-2 diperoleh di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2003 dan gelar Sarjana Teknik diperoleh pada tahun 2000. Saat ini beliau tercatat sebagai Staf Pengajar di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala.

Sekretaris SJM PPs Unsyiah

Dr. Zulfahrizal menjabat sebagai Sekretaris Satuan Jaminan Mutu (SJM) Program Pascasarjana sejak 19 September 2016. Beliau adalah staf pengajar di Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian. Dr. Zulfahrizal mempunyai pengalaman sebagai Penjamin Mutu dilingkungan Fakultas Pertanian yakni menjadi Tim Penjamin Mutu Fakultas (SJMF) Pertanian. Pendidikan S1-S3 diselesaikan di Departemen Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bidang konsentrasi yang diambil selama S1-S2 adalah desain alat dan mesin pertanian. Oleh karena itu sejak tahun 2008 - 2010 beliau selalu berkeliling untuk mengembangkan Teknologi Tepat Guna di Propinsi Aceh. Puncaknya pada tahun 2010 beliau bersama tim TTG Propinsi Aceh menjadi juara satu dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional di Yogyakarta. Selanjutnya beliau menempuh Pendidikan S3 tahun 2010. Selama pendidikan S3, beliau mendalami bidang Teknologi Non Destruktif, Near Infrared Reflectance Spectroscopy. Untuk memperkuat kemampuan dalam melakukan penelitian, beliau mengikuti Sandwich-Like Program di Georg August Universität Göttingen (GAUG), Germany tahun 2012.

Aima Siklus 6 Tahun 2014, Prodi S2 dan S3 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Dapat didownload di bawah ini

Bagikan halaman ini