PPs USK Perkenalkan Produk Eco-enzyme dan Penangganan Hama Untuk Pertanian dan Perkebunan

Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. Hizir, bersama tim ( gabungan beberapa Prodi di PPs USK) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat  ke Desa Rambong Payong Kecamatan Plimbang Bireun dan Desa Manyang Baroh Kecamatan Syamtalira Aron Aceh Utara. Sebagai wujud pengaplikasian Penelitian melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.

Keuchik Rambong Payong, M Heri, mengucapkan terimakasih dan atas kesediaan pihak USK membantu beberapa permasalahan terkait hama. Hadir juga Keuchik Periode (2016-2021) Bapak Junaidi SE, beserta aparatur dan ibu-ibu PKK. Gampong Rambong payong telah memproduksi teh daun kelor yang sudah bersertifikat halal, namun adanya kendala dalam memasarkan produknya. Hadir juga mahasiswa yang mengikuti program MBKM yang mentransfer ilmu ke pada masyarakat Rambong Payong terkait Produk VCO, Mie Kelor, Masker Organik Kelor.

Produk Mie Kelor dan Teh Daun Kelor

Pada kesempatan ini PPS juga memperkenalkan produk Eco-enzyme cairan multi guna yang diperoleh dari fermentasi sayur dan buah . Cairan Eco-enzyme yang siap pakai diberikan ke pada masyarakat untuk dapat dipergunakan untuk mengatasi hama  dari cairan oraganik yang tidak berbahaya.

Foto bersama Pengabdian kepada Masyarakat di desa Manyang Baroh, Kec. Syamtalira Arun, Aceh Utara

Selanjutnya tim menuju ke desa Manyang Baroh Kecamatan Syamtalira Aron Aceh Utara bekerjasama dengan tim Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Nasional yang juga mahasiswa di Program Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (DPIPS). Masyarakat desa yang hadir sekitar 40 orang sangat antusias bertanya pada acara ini. Pada pertemuan ini tim Pengabdian kepada masyarakat memberikan pengetahuan, pemahaman, dan penerapan strategi yang tepat pada masyarakat Desa terkait pengelolaan tanaman pertanian dan perkebunan dalam mengatasi Hama oleh Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si., (Ketua Prodi Doktor Ilmu Pertanian). Narasumber kedua Dr. Ichwana memberikan tips pemanfaatan sisa buah dan sayur untuk menghasilkan produk Eco-enzyme setelah di fermentasi, dengan campuran molase; Sisa sayur/buah; dan air.

Harapan Sekdes Desa Manyang Baroh, acara ini sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan sehingga beberapa permasalahan dan informasi terbaru dapat kami ikuti.